15 Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Website dan Blog

Home / News / 15 Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Website dan Blog
3Jullangkah melakukan seo

Optimasi SEO on-page adalah optimasi yang sengaja dilakukan dengan cara membuat perubahan-perubahan yang ada di dalam situs website itu sendiri. Alasan mengapa optimasi search engine optimization dibagi menjadi dua adalah karena memang ada jenis lain yang berupa SEO off-page.

SEO on-page adalah membuat pengaturan dari dalam website itu sendiri, sedangkan SEO off-page adalah usaha yang dilakukan dari luar situs website.  Sangat penting untuk melakukan optimasi ini demi mendapatkan peringkat atas dan membuat situs website memiliki traffic yang tinggi. 

Daftar Cara Optimasi SEO On Page

Karena pentingnya bisa mengakses SEO on page, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan optimasi SEO on-page. 

1.     Menggunakan Permalink

Permalink yang dimaksud adalah permalink yang sederhana. Mungkin sebelumnya Anda tidak menyadari bahwa cara ini bisa dilakukan untuk mengoptimasi situs website. Dengan menggunakan permalink, sama saja Anda telah membuat mesin pencarian mengenali topik yang dibahas pada postingan yang Anda publikasikan. 

2.     Membuat Judul Konten yang Menarik

Cara yang kedua adalah dengan memastikan konten artikel memiliki judul yang menarik. Tetap buat semenarik mungkin judul untuk konten namun tidak bersifat clickbait. Juga pastikan judul tersebut mendeskripsikan artikel yang ada. 

3.     Menambahkan Gambar Atau Video

Pengunjung website Anda akan merasa bosan apabila hanya mendapatkan kontan artikel yang full teks saja. Jika sudah merasa bosan, maka kemungkinannya akan menjadi kecil pengunjung akan mengunjungi postingan lain di website tersebut. 

Untuk mengantisipasi hal ini lebih baik tambahkan juga konten gambar atau konten video pendukung. Rasanya memang siapa pun pasti akan lebih tertarik dengan postingan yang terdiri dari teks dan gambar. Konten artikel tetap diberikan seinformatif mungkin ditambah lagi disertai dengan konten gambar atau video untuk membuatnya lebih menarik.

4.     Mengoptimasi Gambar

Cara yang selanjutnya ini berbeda dengan cara yang sebelumnya. Optimasi SEO on-page tidak hanya terletak pada menambahkan sembarang gambar atau video saja. Ada beberapa hal yang harus diketahui ketika menambahkan gambar di postingan dalam website atau blog.  Konten Multimedia Sebagai Cara Optimasi SEO

Hal yang harus diperhatikan terletak pada ukuran. Sebaiknya Anda tidak menambahkan gambar yang memiliki ukuran besar. Sebab hal ini justru membuat website akan lambat ketika dibuka. Disarankan untuk menambahkan konten gambar yang ukurannya tidak lebih dari 100 kb. 

5.     Memanfaatkan Heading dan Subheading

Optimasi SEO yang selanjutnya adalah untuk memanfaatkan heading dan sub heading. Gading dan Sophia ding berfungsi untuk memecah artikel menjadi bagian-bagian yang sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami isinya. Jika dilihat sekilas pun penggunaan dua hal ini akan membuat tampilan artikel lebih menarik. 

Anda bisa menggunakan heading 1 atau H1 untuk judul artikel. Kemudian dilanjutkan dengan H2 untuk untuk konten artikel secara umum, juga kemudian H3, H4, dan seterusnya untuk sub-sub yang ada di dalam artikel. 

6.     Meletakkan Fokus Keyword 

Ada konten artikel yang akan cocok bila fokus keyword diletakkan di awal konten juga ada yang tidak cocok. Namun karena tujuannya adalah untuk optimasi SEO usahakan masakan fokus keyword di bagian awal konten artikel. Sarankan untuk meletakkan keyboard ini di 100 kata pertama artikel. Lebih bagus lagi jika Anda meletakkannya di kalimat pertama. Cara ini bertujuan untuk membuat pengunjung memahami inti keseluruhan dari artikel yang akan disimaknya. 

7.     Menggunakan Tema Responsif

Sebaiknya Anda juga menggunakan tema website atau blog yang responsif. Maksudnya adalah situs website atau blog Anda akan menarik jika diakses melalui PC, namun juga tetap menarik apabila diakses melalui mobile. 

Hal ini menjadi sesuatu yang kadang dilupakan oleh mereka yang melakukan optimasi SEO. Mereka lupa bahwa situs website tanpa adanya pengaturan akan memiliki tampilan yang berbeda jika diakses melalui perangkat yang berbeda. 

8.     Menyisipkan Outbound Link

Optimasi situs website atau blog juga bisa dilakukan dengan menyisipkan link outbound. Untuk Anda yang belum mengetahuinya, menyisipkan link outbound sama saja menyisipkan link ke situs website lain yang bukan milik Anda. Website tersebut memang milik orang lain, namun Anda akan menyertakan link menuju kesana di postingan atau halaman website Anda. 

Pastikan website yang linknya diberikan di halaman website Anda adalah website yang memiliki reputasi bagus dan memiliki hubungan dengan postingan yang ada. 

9.     Memaksimalkan Internal Link

Tak hanya link outbound saja, Anda juga bisa memaksimalkan link internal untuk optimasi SEO. Link internal merupakan Link yang ada di dalam website anda. Antara satu postingan dengan postingan lainnya bisa saling dikaitkan dengan adanya link tautan atau link internal. Tentu saja Ini bisa membuat traffic website meningkat, karena ada kemungkinan pengunjung juga akan mengunjungi postingan lain di website Anda. 

10.     Meningkatkan Kecepatan Website

Pastikan website anda memiliki kecepatan yang baik ketika diakses. Percuma bila Anda telah melakukan beberapa cara di atas namun website Anda sendiri masih lamban ketika dibuka atau diakses. Poin ini terkadang terlupakan, padahal pengguna internet akan mencari website lain jika mengetahui website yang dibuka nya lambat ketika diakses. 

11.     Menggunakan Keyword LSI

Sebenarnya Anda tidak boleh sembarangan untuk menggunakan keyword. Ada batasan jumlah keyword untuk setiap konten artikel. Ada cara lain yang bisa dipilih untuk memaksimalkan peringkat yang diberikan mesin pencarian. Caranya adalah dengan menggunakan keyword LSI, keyword ini bisa digunakan sebanyak mungkin yang Anda inginkan tanpa akan dianggap menjadi website spam. 

12.     Menambahkan Tombol Share

Tambahkan tombol share atau bagikan di setiap postingan yang ada dalam website. Karena hal ini bisa memberikan kesempatan pengunjung untuk membagikan postingan Anda ke platform lain seperti misalnya media sosial. 

13.     Memperhatikan Panjang Konten

Memahami panjang konten yang dibutuhkan sama saja Anda telah melakukan optimasi SEO. Memahami jumlahnya pula akan membuat Anda lebih bisa membuat artikel yang lebih solutif, informatif, dan menarik untuk disimak. 

14.     Memastikan Konten Bersifat Solutif dan Berkualitas

Ada hal lain yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi ini. Usahakan untuk membuat konten artikel yang berkualitas dan bersifat solutif. Sebab prinsip orang menggunakan mesin pencarian adalah untuk mencari solusi atau informasi. Karenanya konten artikel yang diberikan mesin pencarian seharusnya bersifat solutif. 

15.     Mengatur Link Menjadi Open In New Tab

Memang terkesan seperti hal sepele namun memiliki impact yang besar. Pastikan Anda membuat semua postingan atau halaman di situs website Anda bisa dibuka ke tab baru. Bukanya bagaimana, namun hal ini bisa meningkatkan pengalaman pengunjung website atau pengguna internet dalam mendapatkan informasi di situs website Anda.  Optimasi SEO Dengan Link

Kini Anda sudah mengetahui beberapa cara untuk melakukan optimasi SEO yang sifatnya on page. Optimasi yang dilakukan dari dalam situs website ini akan memberikan dampak atau pengaruh yang besar jika Anda benar-benar dalam melakukannya. Maka dari itu, coba saja aplikasikan satu per satu cara di atas. Apabila menemukan kesulitan, maka jasa SEO terbaik yang profesional bisa dipertimbangkan sebagai rekan yang akan membantu Anda.

Tags:

Leave a Reply

About

Jasa SEO terbaik - meningkatkan bisnis Anda secara online dan menguntungkan.

Follow Us:
Follow Us:

Recent News

December 7th, 2020 08:25 am
December 7th, 2020 08:38 am
December 7th, 2020 08:44 am

Copyright © 2020 All rights reserved. Creative Design by LocalDIGITAL.co.id

Privacy Policy     |      Terms