20 Tips SEO Lokal untuk Meningkatkan Pengunjung Website

April 23, 2023by admin0

Bagaimana Anda mendapatkan informasi tentang apotek terdekat yang buka pada pukul 23.30 pada Sabtu malam? Jika Anda seperti kebanyakan orang di tahun 2023, Anda akan mengeluarkan ponsel dari saku dan mulai mengetikkan sesuatu di Google seperti “apotek di dekat saya” atau “apotek di nama kota”. Anda kemudian akan disuguhi daftar apotek yang berada di sekitar tempat Anda melakukan pencarian.

Melalui praktik yang disebut SEO lokal, apotek-apotek tersebut dapat mengoptimalkan situs web atau daftar peta mereka dan muncul di bagian atas hasil pencarian Anda pada saat yang paling dibutuhkan.

Jika Anda menjalankan bisnis lokal yang memungkinkan pelanggan datang langsung, interaksi tatap muka dengan pelanggan, atau melayani lokasi geografis yang jelas, maka SEO lokal harus menjadi prioritas utama dalam daftar tugas pemasaran Anda untuk tahun ini.

Di sini kami telah membuat daftar 34 tips SEO lokal paling efektif yang akan membantu bisnis Anda meningkatkan eksposurnya di hasil pencarian lokal.

Pengoptimalan Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah alat gratis penting yang disediakan oleh Google untuk bisnis lokal untuk mengontrol kehadiran mereka di mesin pencari dan Google Maps. Daftar Google Bisnisku yang dioptimalkan dengan baik akan memungkinkan calon pelanggan disajikan dengan fitur yang paling relevan dari bisnis Anda serta sejumlah opsi untuk menghubungi Anda.

Setelah mengklaim atau membuat daftar, Anda akan dapat mulai mengoptimalkan daftar Anda, termasuk kategori yang Anda inginkan untuk bisnis Anda, fitur untuk mengunggah gambar lokasi dan staf Anda, menulis pembaruan tepat waktu, dan menanggapi ulasan dan pertanyaan pelanggan.

Semua ini dilengkapi dengan dasbor analitik yang bagus yang memberikan informasi berguna seperti istilah pencarian apa yang paling banyak muncul untuk listing Anda.

  1. Klaim Listing Google My Business Anda

Jika bisnis Anda sudah lama berdiri, mungkin sudah ada daftarnya di Google Maps. Penting untuk memeriksa daftar yang sudah ada terlebih dahulu untuk menghindari membuat daftar duplikat dan harus menghapusnya nanti. Berikut ini langkah-langkah untuk menemukan dan mengklaim daftar Google Bisnisku:

Buka Google Maps dan ketik nama bisnis Anda di kolom pencarian.
Pilih bisnis Anda.
Klik Klaim bisnis ini > Kelola sekarang.
Pilih opsi verifikasi, lalu ikuti langkah-langkahnya.

Jika bisnis Anda masih baru atau tidak dapat ditemukan, Anda dapat membuat daftar dari awal. Cara terbaik untuk melakukannya adalah masuk ke Google Bisnisku dengan login Google dan lanjutkan langkah-langkahnya.

  1. Jangan Gunakan Alamat Virtual

Ini adalah tips cepat dan mudah yang dapat menghemat banyak waktu Anda. Saat membuat atau memindahkan daftar Google Bisnisku, jangan gunakan alamat virtual. Panduan Google tidak mengizinkan alamat virtual atau kotak pos, jadi jika Anda menggunakannya, daftar Anda dapat ditangguhkan. Sebagai gantinya, gunakan alamat rumah dan sembunyikan lokasinya.

  1. Alamat yang Terdaftar Tetap Penting (Meskipun Tersembunyi)

Area di sekitar alamat terdaftar lebih mungkin muncul di hasil pencarian daripada area lain, jadi jika Anda tidak memiliki toko atau kantor, dan memiliki beberapa alamat yang tersedia untuk mengirimkan kartu pos, memilih alamat di mana pelanggan Anda berada dapat membantu.

  1. Tambahkan Area Layanan Anda

Area layanan membantu memberi tahu pelanggan Anda tentang area yang Anda layani. Menambahkan area layanan Anda tidak akan banyak membantu untuk meningkatkan posisi Anda pada hasil pencarian seperti halnya mencantumkan lokasi fisik Anda, tetapi akan berguna bagi pelanggan Anda untuk mengetahui apakah Anda beroperasi di daerah mereka.

  1. Gunakan Halaman Lokasi untuk Tautan Situs Web (Jika Anda Memilikinya)

Biasanya, bisnis menautkan beranda situs web mereka ke tombol ‘Situs Web’ pada daftar Google mereka. Menurut Moz, bisnis yang memiliki lebih dari satu lokasi sebaiknya mempertimbangkan untuk menautkan ke halaman lokasi khusus, karena hal ini dapat meningkatkan peringkat. (Kita akan membahas lebih lanjut tentang halaman lokasi nanti).

Hal ini bisa masuk akal bagi pelanggan (dan Google), karena jika mereka mencari layanan TI di Jakarta dan Anda memiliki halaman lokasi khusus kantor Jakarta untuk area tersebut, maka ini adalah halaman yang paling relevan untuk dikunjungi oleh pelanggan.

  1. Pilih Kategori Bisnis Anda (Tapi Jangan Terlalu Banyak)

Memilih kategori yang tepat memiliki dampak langsung dan besar pada saat Anda muncul di hasil pencarian. Google memiliki lebih dari 3.000+ kategori berbeda yang dapat Anda pilih hingga 10, dengan 1 opsi untuk kategori utama. Memilih kategori Anda cukup mudah, tetapi ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukannya:

Kategori utama – Kategori ini memiliki dampak terbesar pada hasil pencarian, jadi pilihlah kategori terbaik yang menggambarkan bisnis Anda.
Kategori sekunder – Semakin banyak kategori sekunder yang Anda pilih, semakin kecil dampaknya. Google merekomendasikan untuk menggunakan “sesedikit mungkin kategori untuk mendeskripsikan bisnis inti Anda secara keseluruhan dari daftar yang disediakan.” Jadi, kami biasanya menyarankan untuk menggunakan satu kategori utama dan tiga kategori sekunder.
Memata-matai pesaing Anda – Karena ada lebih dari 3.000 kategori, mungkin sulit untuk mengetahui kategori mana yang tersedia, dan mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Cara mudah untuk memeriksanya adalah dengan mencari layanan lokal yang ingin Anda tampilkan, lalu gunakan alat seperti GMB Spy untuk melihat kategori apa saja yang dimiliki pesaing Anda.

  1. Dapatkan Review (Kualitas Lebih Baik & Lebih Banyak dari Kompetitor)

Ulasan sangat penting untuk keberhasilan listing di Google Bisnisku. Hal ini karena ulasan berdampak langsung pada peringkat pencarian Anda. Sebuah survei menunjukkan bahwa lebih dari 30% pelanggan akan mengunjungi situs web setelah membaca ulasan positif.

Meskipun sangat penting, ulasan sering kali diabaikan oleh banyak bisnis. Jadi, mendapatkan lebih banyak ulasan berkualitas tinggi dapat sangat membantu Anda mengalahkan persaingan dalam hasil pencarian lokal.

Ingatlah untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan Anda yang sudah ada dan merasa puas. Google memiliki cara untuk mengetahui apakah sebuah ulasan tidak asli, termasuk melihat IP pengulas (jadi hindari meminta siapa pun yang menggunakan WiFi kantor/toko untuk memberikan ulasan).

  1. Balas Semua Ulasan (Terutama yang Negatif)

Tips ini lebih kepada manajemen merek daripada faktor peringkat, tetapi tetap saja tips ini sangat penting untuk diingat. Karena balasan terhadap ulasan bersifat publik, Anda tidak hanya berbicara kepada orang yang meninggalkan ulasan, tetapi juga kepada orang lain yang membacanya. Jadi, setiap kali Anda menerima ulasan, ingatlah hal-hal berikut ini:

Balas lebih cepat – Pelanggan akan menghargai perhatian Anda.
Ucapkan terima kasih – Sederhana
Hindari tanggapan yang sudah jadi – Tanggapan yang unik dan personal akan sangat membantu dalam membuat pelanggan senang.
Ulangi poin-poin tertentu – Jika pengulas menyebutkan sesuatu yang mereka sukai, jangan ragu untuk menyebutkannya dalam tanggapan Anda. Misalnya, “Saya senang Anda menyukai betapa efisiennya kami. Kami bangga dengan proses kami yang cepat dan terorganisir.”

Jika Anda menerima balasan negatif, jeda sejenak dan cobalah yang terbaik untuk memahami masalahnya. Kemudian minta maaflah kepada pelanggan dan cobalah untuk melakukan percakapan secara offline dengan memberikan email atau nomor layanan pelanggan. Saat menulis tanggapan Anda, ingatlah bahwa Anda juga menulis untuk pembaca di masa mendatang.

  1. Tulis Pertanyaan & Jawaban Umum

Fitur lain yang sering terlewatkan dari daftar Google Maps Anda adalah fitur Tanya Jawab. Di sinilah konsumen akan mengajukan pertanyaan tentang bisnis seperti “Apakah Anda buka pada hari Minggu?” atau “Layanan apa yang mereka tawarkan?”. Jika Anda menggunakan fitur ini, perlu diingat:

Anda tidak dapat menjawab pertanyaan di Google Bisnisku.
Pertanyaan dan jawaban harus dikirimkan dalam listing Anda di Google Maps/Google Penelusuran.
Oleh karena itu, siapa pun dapat membalas pertanyaan.

Setiap kali Anda menerima pertanyaan, Anda harus menjawabnya secara langsung di Google Penelusuran/Peta. Jika Anda masuk ke akun Google yang terhubung ke profil Google Bisnisku, balasan akan menggunakan logo Google Bisnisku sebagai avatar, sehingga orang yang bertanya akan mengetahui bahwa jawaban tersebut berasal dari bisnis Anda. Berikut ini beberapa tips yang perlu diingat:

Balas lebih cepat – Karena siapa pun dapat memberikan jawaban atas pertanyaan apa pun, penting untuk membalas dengan cepat agar Anda dapat memberikan jawaban yang akurat.
Tulis Q&A Anda sendiri – Anda tidak perlu menunggu seseorang mengajukan pertanyaan. Jika Anda sudah mengetahui apa yang biasanya ditanyakan oleh pelanggan, Anda dapat menulis pertanyaan atas nama mereka dan menjawabnya sendiri.

  1. Unggah Foto (Secara Teratur)

Siapa pun dapat menambahkan foto ke daftar Anda, tetapi penting bagi Anda untuk mengendalikan citra yang Anda inginkan untuk ditampilkan oleh perusahaan Anda dengan mengunggah foto, termasuk:

Berikut ini beberapa kiat saat menambahkan foto:

Unggah foto setiap tujuh hari – Foto yang Anda unggah akan dapat dilihat di hasil pencarian Google selama tujuh hari setelah diunggah. Setelah periode ini, seseorang masih dapat melihat foto Anda dengan mengakses daftar Anda.
Beri geotag pada foto Anda – Jika Anda mengunggah foto dari ponsel, foto tersebut biasanya dilengkapi dengan koordinat GPS yang tertanam, yang akan digunakan Google sebagai sinyal lokal. Jika Anda mengunggah dari kamera digital, Anda dapat menggunakan situs web seperti ini untuk menambahkan geotag ke foto Anda.
Alami tetapi profesional – Google memiliki panduan kualitas foto untuk bisnis yang mengunggah foto. Menurut Google, foto-foto tersebut harus “fokus, memiliki pencahayaan yang baik, tidak memiliki perubahan yang di-photoshop, dan tidak menggunakan filter secara berlebihan. Foto harus merepresentasikan kenyataan.”

  1. Buatlah Postingan Secara Teratur

Anda bisa menganggap postingan di Google Bisnisku seperti postingan di Facebook atau Twitter, meskipun postingan tersebut muncul di Google Penelusuran dan Google Maps sebagai bagian dari daftar Anda. Keindahan dari postingan Google Bisnisku adalah postingan tersebut dapat membantu Anda mengomunikasikan informasi yang tepat waktu dan relevan secara langsung kepada pelanggan.

Seperti foto, postingan membantu meningkatkan keaslian profil Anda. Seperti halnya foto, postingan baru secara otomatis ditampilkan di halaman Anda selama tujuh hari, jadi sebaiknya Anda memposting setiap minggu agar profil Anda tetap segar dan terbaru. Beberapa postingan yang bisa Anda lakukan antara lain:

Apa yang baru
Acara
Penawaran
Produk
Pembaruan jam kerja (ini terjadi secara otomatis ketika Anda memperbarui jam kerja Anda)

Optimalkan Halaman Situs Web Anda (alias Pengoptimalan SEO di Halaman)

Selain Google Bisnisku, pengoptimalan pada halaman juga sangat penting dalam meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat untuk penelusuran lokal.

  1. Teliti Kata Kunci Lokal

Memastikan Anda menargetkan kata kunci lokal sangat penting, terutama untuk perusahaan yang tidak memiliki toko/kantor fisik tetapi tetap melayani beberapa area.

Kata kunci lokasi terbaik biasanya memiliki rumus “layanan + lokasi” atau “lokasi + layanan” (misalnya, “pengacara pribadi di Jakarta Selatan”). Setelah Anda memutuskan kata kunci lokasi terbaik untuk bisnis Anda, Anda harus membuat halaman yang didedikasikan untuk kata kunci tersebut.

Tidak semua kata kunci lokasi dibuat sama, jadi penting untuk memasukkan ide kata kunci Anda ke dalam alat penelitian kata kunci untuk melihat volume pencarian bulanan versus kesulitan peringkat untuk kata kunci tersebut.

  1. Memata-matai Kata Kunci Pesaing Anda untuk Melihat Apa yang Berhasil

Meneliti kata kunci bisa jadi sangat sulit – Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya dan tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Melihat kata kunci pesaing Anda akan menghemat banyak waktu dan memberi Anda gambaran tentang kata kunci apa yang juga bisa berhasil untuk Anda.

Sebagian besar alat penelitian kata kunci memberi Anda opsi untuk menambahkan situs web pesaing Anda untuk melihat kata kunci apa yang mendapat peringkat bagus untuk mereka. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan URL situs web masing-masing pesaing. Anda kemudian akan disajikan dengan daftar kata kunci lokal yang juga dapat Anda gunakan.

Perhatikan tingkat kesulitan kata kunci. Sebagian besar alat kata kunci berbayar menunjukkan betapa sulitnya bagi sebuah situs web untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tertentu. Jadi, cobalah untuk memilih kata kunci dengan volume yang baik tetapi juga skor kesulitan yang masuk akal yang sesuai dengan situs web Anda.

  1. Gunakan Tools Kata Kunci dari Google

Jika Anda memiliki anggaran terbatas, salah satu cara terbaik untuk mencari kata kunci adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner. Secara teknis, alat ini dibuat untuk bisnis yang menjalankan Google Ads, tapi tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa mendaftar untuk sebuah akun dan menggunakannya untuk melakukan riset kata kunci untuk situs web Anda.

  1. Tinjau Halaman Pesaing Anda

Setelah Anda menemukan kata kunci lokal utama Anda, ada baiknya untuk melihat halaman yang muncul untuk kata kunci tersebut di Google Penelusuran. Lihatlah 10 situs web teratas dan cari kemiripannya. Apakah mereka berfokus pada teks atau media (gambar, video, grafik)? Apakah mereka berupa daftar bernomor seperti halaman ini, atau studi kasus? Bagaimana mereka menggunakan kata kunci utama dalam judul atau heading? Jika Anda menemukan konsistensi dalam 10 besar, cobalah untuk melakukan hal yang sama (atau lebih baik) pada halaman Anda.

  1. Buat Halaman Lokasi untuk Setiap Lokasi Toko/Kantor

Hal ini mungkin tidak jelas bagi sebagian orang, tetapi penting untuk membuat halaman khusus yang didedikasikan untuk semua lokasi bisnis Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menargetkan kata kunci lokal untuk setiap halaman.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah klinik gigi dan Anda memiliki beberapa lokasi, Anda harus membuat halaman untuk masing-masing lokasi tersebut. Kemudian masukkan kata kunci seperti “Dokter Gigi Bogor ” dan “Dokter Gigi Jakarta” sebagai judul dan tajuk halaman Anda. Memiliki halaman khusus untuk setiap lokasi membantu membuat bisnis Anda lebih relevan dengan maksud pencarian lokal.
Saat membuat halaman lokasi Anda, ingatlah hal ini:

Gunakan kata kunci lokal utama dalam tag judul Anda.
Gunakan kata kunci lokal utama dalam judul halaman Anda.
Tambahkan ulasan/testimoni lokal ke halaman.
Tambahkan fitur khusus untuk lokasi tersebut.
Tambahkan biografi staf yang bekerja di lokasi tersebut.
Sertakan peta dan petunjuk arah ke lokasi.

  1. Membuat Halaman Area Layanan

Jika Anda tidak memiliki lokasi fisik, tetapi melayani pelanggan di beberapa lokasi (seperti tukang ledeng dan tukang listrik), membuat halaman untuk menargetkan area yang berbeda adalah suatu keharusan. Pikirkan di mana pelanggan Anda berada, dan buat halaman khusus untuk kota tersebut (misalnya, Layanan Tukang Ledeng Bekasi).

Karena Anda mungkin memiliki beberapa halaman area layanan, cobalah untuk membuat masing-masing halaman seorisinil mungkin, dan sebutkan informasi lokal yang relevan tentang masing-masing halaman, seperti penghargaan lokal yang telah Anda menangkan, testimoni lokal, atau bagaimana Anda terlibat dalam komunitas lokal.

  1. Gunakan Kata Kunci Lokal Utama Anda Secara Strategis

Tag judul halaman lokasi atau area layanan Anda adalah bagian yang paling jelas untuk menyisipkan kata kunci lokal utama Anda, tetapi jangan lupa untuk menggunakannya (atau variasinya) di bagian berikut ini:

  • Link Halaman
  • Title
  • Tubuh artikel
  • Sub judul
  1. Melengkapi Teks Alt untuk Gambar pada Halaman Penting

Alt text adalah deskripsi gambar yang ditulis ke dalam HTM. Tujuan dari teks alt adalah untuk membantu Google membaca gambar itu sebagai apa.

Mengisi teks alt deskriptif pada gambar membantu Google lebih memahami topik halaman, dan ini adalah kesempatan yang baik untuk menambahkan kata kunci. Penting untuk menulis secara alami dan menggunakan kata kunci hanya jika sesuai. Jika Anda menggunakan WordPress untuk membuat situs web, Anda dapat dengan mudah menambahkan teks alt di galeri media.

  1. Sertakan Petunjuk Arah ke Lokasi Anda

Google terus mencari sinyal relevansi sehingga dapat mencocokkan situs web dan daftar dengan pencarian yang tepat. Salah satu hal yang dilihat Google adalah siapa yang mendapatkan petunjuk arah ke lokasi Anda dan di mana mereka tinggal.

Menambahkan tautan Google Maps untuk mendapatkan petunjuk arah ke lokasi Anda akan meningkatkan peluang pelanggan untuk mengklik dan melihat. Hal ini membantu Google memahami jangkauan perusahaan Anda, sehingga membantu meningkatkan ukuran area listing Anda di Google.

Untuk mendapatkan tautan, gunakan alat bantu online seperti Google Maps Directions Link Generator. Setelah Anda mendapatkan URL, tambahkan tautan dengan teks yang mirip dengan “Dapatkan petunjuk arah” di bawah alamat Anda.

 

Kesimpulan

Dengan 46% pencarian Google mencari informasi lokal, memahami cara kerja SEO lokal dapat menjadi pengubah permainan bagi banyak bisnis. Mengoptimalkan situs web Anda untuk penelusuran lokal tidak hanya kurang kompetitif dibandingkan dengan mencoba mendapatkan peringkat nasional, tetapi penelusuran lokal juga sering kali menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Kami berharap tips ini akan membantu situs web Anda meningkatkan lalu lintas lokal, tetapi jika Anda ingin kami menangani pekerjaan berat, lihat layanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://localdigital.co.id/wp-content/uploads/2023/04/logo-bisnis-lokal.png
Connect with us
+62 812 6988 6575

Subscribe to out newsletter today to receive updates on the latest news, releases and special offers. We respect your privacy. Your information is safe.

©2023 LocalDIGITAL.co.id. All rights reserved | Terms of Service | Privacy Policy