Bisnis lokal memiliki kebutuhan yang unik dalam hal pemasaran digital. Apakah Google My Business – serta manfaat nya bagi bisnis lokal Anda.
Tentu saja, Anda menginginkan visibilitas online sebanyak mungkin, tetapi yang lebih penting, Anda ingin menjangkau orang yang tepat. Jika pelanggan terbaik Anda adalah orang lokal, maka mereka adalah orang-orang yang ingin Anda temukan di situs web, saluran media sosial, dll.
Fitur Google My Business sangat penting untuk mencapai tujuan ini, sehingga kami membuat layanan lengkap untuk mengoptimalkan dan mengelola profil Google bisnis Anda. Ini akan membantu penduduk lokal menemukan listing Anda dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas berkualitas ke situs Anda.
Apa Google My Business itu? Serta Keuntungannya untuk saya?
Google My Business (GMB) adalah alat gratis yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pemilik bisnis mengklaim dan mengelola profil online. Informasi di profil GMB Anda adalah yang dilihat orang di Google Maps dan yang disebut sebagai “paket peta” di bagian atas hasil penelusuran tertentu.
Anda dapat melihatnya sendiri dengan mengetikkan “pengacara di [kota Anda] di Google”. Anda akan melihat hasil di dekat bagian atas yang terlihat seperti gambar di bawah ini. Anda akan melihat bahwa iklan berbayar biasanya merupakan hasil teratas dengan daftar Maps tepat di bawahnya (jika ada).
Sekitar 46% dari semua penelusuran adalah untuk informasi lokal dan daftar Google Bisnisku membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari pada percobaan pertama.
Mengklaim profil Google Bisnisku dan selalu memperbaruinya dengan informasi bisnis yang paling relevan – nomor telepon, situs web, jam buka, dll. – memastikan Anda terdaftar di hasil pencarian peta lokal dan ditemukan oleh pengguna yang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Sekitar 46% pencarian online adalah untuk informasi lokal”.
Apa yang dapat dilakukan Google Bisnisku untuk SEO lokal?
Memiliki listing di GMB memainkan peran penting dalam SEO lokal Anda. Sebagai permulaan, daftar ini dapat menempatkan Anda di atau di dekat bagian atas hasil pencarian saat seseorang melakukan pencarian yang terkait dengan industri atau bidang keahlian Anda.
Google juga menampilkan “panel pengetahuan” di sebelah kanan hasil pencarian. Fitur ini mengambil detail dari GMB dan Maps untuk memudahkan pencari mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
Panel pengetahuan
Paket peta dan panel pengetahuan sangat diperlukan karena memungkinkan orang untuk menghubungi Anda meskipun mereka tidak mengunjungi situs web Anda. Dalam tangkapan layar di atas, para pencari dapat menjadwalkan kunjungan atau mendapatkan petunjuk arah, dan bahkan mengajukan pertanyaan tanpa harus meninggalkan halaman hasil pencarian.
“Jadi, mengapa saya perlu situs web?” Anda mungkin bertanya. Google Bisnisku tidak memberikan kedalaman atau tingkat kontrol (desain, branding, dll.) seperti yang dimiliki situs web Anda. Semua yang disediakan oleh daftar GMB Anda adalah dasar-dasar tentang di mana menemukan Anda dan bagaimana cara menghubungi Anda, yang dibutuhkan oleh sebagian orang (tentu saja pengguna seluler).
“Listing di GMB dan situs web bekerja sama untuk menjangkau lebih banyak orang dan menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda”
Ketika pengoptimalan GMB dilakukan dengan benar, semua orang menang: Google meningkatkan reputasinya sebagai sumber informasi yang paling nyaman, pencari menemukan apa yang mereka cari, dan Anda menciptakan peluang baru untuk menghasilkan prospek.
Review Google Bisnisku
Daftar Google Bisnisku memungkinkan orang untuk mengulas bisnis Anda melalui Google Maps. Dan dengan beberapa upaya proaktif, Anda bisa mendapatkan lebih banyak ulasan positif dari pelanggan untuk meningkatkan relevansi dan otoritas bisnis Anda.
GMB menampilkan ulasan dan peringkat rata-rata secara publik di hasil pencarian, sehingga banyak pencari yang memilih bisnis yang ingin mereka lihat pertama kali hanya berdasarkan ulasannya.
Jika Anda mencari bisnis lokal dan satu daftar tidak memiliki ulasan, sementara yang lain memiliki selusin ulasan, mana yang akan Anda klik terlebih dahulu? Ulasan menambah rasa kepercayaan dan legitimasi. Ulasan merupakan bukti sosial bahwa orang-orang telah berinteraksi dengan bisnis dan merekomendasikannya kepada orang lain.
Bagaimana cara memanfaatkan Google Bisnisku dengan sebaik-baiknya?
Sebelum mencoba mengubah apa pun, ketik nama dan lokasi perusahaan Anda di Google untuk melihat apakah bisnis Anda sudah memiliki daftar GMB. Anda mungkin akan menemukan bahwa daftar dengan detail Anda sudah ada, terutama jika bisnis Anda sudah berdiri selama beberapa tahun.
Daftar GMB yang sudah ada sebelumnya untuk bisnis Anda berarti seseorang telah memberikan rincian tentang lokasi kepada Google (tanpa mengaku sebagai pemiliknya). Dalam hal ini, Anda perlu memberikan bukti bahwa itu adalah bisnis Anda sebelum Anda dapat mengambil alih kendali atas daftar tersebut
Jika Anda tidak dapat menemukan daftar yang ada, masuk ke GMB dan klik tombol Buat. Google akan memberi tahu Anda jika kemungkinan daftar duplikat sudah ada.
Memperbarui semua informasi bisnis Anda (nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, situs web, dll.) harus menjadi prioritas utama Anda. Anda juga perlu mengonfirmasi bahwa Anda terdaftar di industri yang benar untuk memastikan Anda muncul di hasil pencarian yang paling relevan.
Jika Anda tidak memiliki lokasi fisik yang ingin dikunjungi pelanggan, pastikan untuk memilih area yang Anda layani. Google membutuhkan informasi ini untuk menampilkan listing Anda saat orang melakukan pencarian yang relevan di salah satu area tersebut.
Misalnya, seorang petani yang mengirimkan kotak produk ke pelanggan mungkin tidak beroperasi di luar toko, tetapi mengirimkan ke area tertentu. Mereka dapat mencantumkan alamat pertanian mereka, tetapi mendaftarkan area layanan mereka akan membantu Google mengarahkan lebih banyak orang ke bisnis mereka.
Skenario lainnya adalah jika Anda memiliki toko atau kantor tetapi menawarkan pengiriman atau kunjungan ke lokasi. Dalam kasus ini, Anda dapat memilih “Ya, saya juga melayani mereka di luar lokasi saya” di profil GMB Anda dan memilih area yang Anda layani.
Hal lain yang kami rekomendasikan adalah memilih untuk mendapatkan pembaruan dan rekomendasi dari Google untuk listing Anda. Petunjuk ini memudahkan Anda untuk menjaga agar daftar Anda tetap aktif dan terbaru. Tetapi jika memungkinkan, jangan menunggu dorongan tersebut. Cobalah untuk selalu ingat untuk memperbarui daftar GMB Anda segera setelah ada perubahan.
Bagaimana jika Anda memiliki lebih dari satu lokasi?
Anda tidak perlu membuat dan mengelola akun Google Bisnisku untuk masing-masing cabang. Google mengatasi masalah tersebut dengan grup lokasi.
Grup lokasi memungkinkan Anda mengelola beberapa daftar dari satu dasbor. Cukup verifikasi lokasi utama atau utama Anda (seperti kantor pusat perusahaan) dengan Google terlebih dahulu. Ini akan bertindak sebagai akun hub utama Anda dan memungkinkan untuk menambahkan lokasi lain.
Perlu diperhatikan bahwa mungkin diperlukan waktu beberapa minggu untuk menerima kode verifikasi Anda melalui email setelah membuat profil GMB baru. Tetapi setelah lokasi utama Anda diverifikasi, menambahkan cabang lain adalah proses yang jauh lebih cepat.
Kesimpulan
Setelah semua detail perusahaan dan kantor cabang terdaftar dengan benar, saatnya untuk menggunakan fitur-fitur GMB yang memungkinkan Anda memposting tentang promosi, menjawab pertanyaan khusus, dan menambahkan foto-foto tim Anda. Pembaruan ini secara dramatis meningkatkan kualitas daftar GMB Anda.
Penting juga untuk melacak dan memantau perkembangan profil Google Anda sehingga Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang perlu diubah. Jangan biarkan profil Google Bisnisku Anda tidak aktif.
Jika Anda memerlukan bantuan untuk menyiapkan dan mengelola profil Google Bisnisku, kunjungi layanan Google Bisnisku untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mempromosikan bisnis Anda.