Memiliki situs web saja tidak cukup saat ini untuk mendapatkan aliran prospek dan penjualan yang konsisten. Situs Anda adalah salah satu dari ratusan atau bahkan ribuan situs yang melayani area geografis yang sama. Jika seseorang mencari produk atau layanan Anda berdasarkan lokasi Anda, apakah perusahaan Anda muncul di hasil pencarian? Bagaimanakah cara mendapatkan lebih banyak order dari Google?
Jika jawaban Anda adalah “tidak” atau “Saya tidak tahu,” maka Anda berpotensi memiliki masalah dengan SEO lokal yang berarti Anda mungkin kalah dari pesaing terdekat. Satu hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas lokal (dan mudah-mudahan pelanggan) dari pencarian Google adalah mengklaim daftar bisnis lokal Anda di Google Bisnisku
Apa yang dimaksud dengan Listing Bisnis Lokal?
Daftar bisnis lokal di Google terpisah dari posisi peringkat mesin pencari standar (SERP), meskipun terkadang tumpang tindih. Coba pikirkan sejenak bagaimana orang mencari bisnis.
Jika manajer kantor untuk firma hukum di Jakarta membutuhkan bantuan IT, dia lebih cenderung mencari “bantuan IT di Jakarta” daripada hanya mencari “dukungan IT”.
Situs web Anda memainkan peran besar dalam kemunculan perusahaan Anda untuk permintaan pencarian yang dilokalkan seperti ini. Anda dapat mengoptimalkan informasi bisnis Anda untuk mencerminkan lokasi Anda, membuat halaman khusus di situs yang mereferensikan pekerjaan yang Anda lakukan di Tampa, dan memastikan informasi kontak lokal Anda konsisten di seluruh situs. Jadi, anggaplah situs Anda sebagai bagian pertama dari proses ini.
Bagian kedua dari proses ini adalah daftar bisnis lokal Anda.
Sebagai bisnis yang bekerja dengan orang-orang di wilayah geografis tertentu, Anda perlu memiliki daftar di layanan daftar lokal Google:
Daftar lokal adalah informasi yang muncul saat seseorang mencari bisnis di tampilan Google Map, di perangkat seluler melalui aplikasi peta, atau melalui mesin telusur standar dengan menggunakan kata kunci yang dilokalkan. Google mengintegrasikan informasi daftar lokal ini di sejumlah antarmuka, dan langsung menampilkannya di Google Bisnis Anda.
Mengapa Daftar Bisnis Lokal Penting?
Ada empat faktor penting yang perlu dipertimbangkan di sini yang membuat klaim daftar lokal Anda menjadi suatu keharusan:
Manfaat untuk Penentuan Posisi Mesin Pencari – Google sering menempatkan daftar lokal di atas SERP standar ketika seseorang mencari dengan istilah spesifik lokasi. Bisnis lokal dengan peringkat teratas akan muncul dengan tampilan peta dan informasi tambahan tentang layanan dan informasi kontak, langsung di hasil pencarian. Anda ingin ini menjadi bisnis Anda.
Manfaat untuk SEO – Selain posisi bisnis Anda di SERP, memiliki daftar lokal yang dioptimalkan dengan baik dapat memengaruhi kinerja situs web Anda di mesin pencari untuk istilah lain. Ulasan yang Anda kumpulkan dengan daftar lokal menambah kredibilitas bisnis Anda, yang secara langsung terhubung ke domain Anda, dan pada gilirannya, meningkatkan posisi pencarian Anda.
Manfaat untuk Pemasaran – Daftar lokal melakukan beberapa hal. Daftar lokal menyoroti bisnis Anda dalam konteks lokasi. Jadi, Anda bisa tampil di hadapan orang-orang yang dekat dengan Anda dan sudah mencari apa yang Anda tawarkan. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menampilkan gambar bisnis, staf, dan layanan Anda secara langsung di hasil pencarian. Anda juga dapat menyoroti bukti sosial dalam bentuk ulasan yang Anda terima, baik ke daftar lokal Google Anda dan ke akun terkait lainnya tempat pelanggan Anda meninggalkan ulasan.
Manfaat untuk Lead Generation – Daftar lokal dirancang untuk menampilkan informasi kontak untuk bisnis yang ditampilkan. Itu berarti alamat jalan, nomor telepon, URL, dan informasi kontak lainnya yang ingin Anda tampilkan. Hal ini sangat penting karena sebagian besar penelusuran lokal dilakukan melalui perangkat seluler, yang memungkinkan para pencari untuk langsung mengetuk dan menelepon atau mengambil petunjuk arah langkah demi langkah ke lokasi Anda di Google Maps.
Daftar di GMB harus menjadi pilar kedua dari strategi web Anda, namun banyak bisnis yang belum mengklaim daftar default yang dibuat Google untuk mereka, atau mereka tidak memiliki daftar sama sekali.
Daftar di GMB harus menjadi pilar kedua dari strategi web Anda, namun banyak bisnis yang belum mengklaim daftar default yang dibuat Google untuk mereka, atau mereka tidak memiliki daftar sama sekali.
Cara Membuat atau Mengklaim Listing di GMB
Tergantung dari usia bisnis Anda, Anda mungkin sudah memiliki listing di direktori lokal Google. Karena mereka mengambil data dari catatan publik, sebagian besar bisnis terwakili, tetapi bukan berarti itu adalah daftar yang bagus, atau sangat akurat. Alamatnya bisa jadi sudah lama, nomor telepon Anda salah, dan fitur-fitur bernilai tambah yang telah kita bahas di atas (foto, informasi kontak, layanan, dan jam kerja) kemungkinan tidak ada.
Itulah mengapa Anda perlu mengklaim daftar lokal Anda, dan bagi mereka yang tidak memiliki daftar sama sekali, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuatnya.
Untuk memulai, kunjungi google.com/business. Di sini adalah pusat dari fitur Google Bisnisku – yang memungkinkan Anda untuk membuat, mengoptimalkan, dan mengelola semua informasi daftar lokal Anda dalam satu portal.
Klik tombol Mulai Sekarang dan masukkan nama bisnis Anda
Sistem akan meminta Anda untuk mengonfirmasi lokasi bisnis yang Anda cari (jika sudah ada di direktori mereka), dan kemudian posisinya di peta. Seret pin untuk memastikan pin tersebut akurat.
Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis
Saat diminta, tambahkan nomor telepon yang tercantum di situs web Anda (penting untuk mencocokkan nomor telepon tersebut), dan URL situs web Anda.
Terakhir, Anda akan diminta untuk memverifikasi daftar bisnis Anda. Verifikasi memungkinkan Anda untuk menanggapi ulasan pelanggan, membuat promosi dan mengunggah foto, serta melacak analisis bisnis dari dasbor Google Bisnisku. Untuk memverifikasi, metode defaultnya adalah Google akan mengirimkan kartu pos berisi kode kepada Anda. Anda kemudian akan memasukkan kode tersebut ke dasbor Google Bisnisku dan mengonfirmasi akun Anda. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menerimanya.
Menggunakan Daftar Bisnis Lokal Anda
Setelah Anda selesai melakukan ini, Anda bisa mulai menggunakan listing Anda dari dasbor Google. Beberapa fitur yang tersedia antara lain kemampuan untuk memperbarui jam operasional Anda, menambahkan foto profil, membaca dan menanggapi ulasan pelanggan secara langsung di dalam daftar lokal, masuk dan mengelola semua ini dari aplikasi seluler, dan mengiklankan daftar lokal Anda untuk menyorotnya di penelusuran lokal.
Nilai dari hal ini sangat besar dan memungkinkan bisnis terkecil sekalipun untuk bersaing di tempat yang ramai, di mana pun Anda berada. Jika Anda belum melakukannya, sangat disarankan agar Anda membuat atau mengklaim listing lokal Anda dan mulai mempromosikan bisnis Anda melalui salah satu saluran yang paling terlihat yang ditawarkan Google saat ini.
Jasa Google Bisnisku
Tentu saja, seandainya semua detil ini memusingkan Anda terlebih bagi Anda yang tidak fasih dengan dunia maya, kami menyediakan solusi. Jasa Google Bisnisku yang kami tawarkan bukan saja akan menolong Anda mengklaim listing bisnis lokal Anda – tetapi kami akan menambahkan review positif – sekaligus menghapus review-review negatif yang tersebar di profile Anda. Anda hanya tinggal terima beres dan melanjutkan bisnis Anda yang akan meningkat jauh lebih besar dalam jangka waktu lebih singkat. Kami akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda di dunia maya dan Anda akan mencapai kesuksesan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.
Segera hubungi kami – lebih dari senang kami akan membantu Anda