Cara Mendapatkan Prospek dengan Google Bisnisku

April 23, 2023by admin0

Cara Mendapatkan Prospek dengan Google Bisnisku

Apakah halaman Google Bisnisku tidak membantu meningkatkan pertumbuhan perusahaan Anda? Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara memaksimalkan potensi halaman GMB Anda untuk mendapatkan prospek dengan Google lebih banyak lagi; dengan cara lebih cepat dan mudah serta menempatkan perusahaan Anda di jalur kesuksesan yang lebih besar.

Mengapa GMB sangat penting?

Google Bisnisku bahkan belum ada satu dekade yang lalu. Sejak diluncurkan pada bulan Juni 2014, GMB telah berkembang pesat menjadi faktor utama dalam menentukan peringkat perusahaan di hasil pencarian Google Maps.

Banyak orang saat ini menggunakan Google Maps sebagai semacam Yellow Pages, menelusuri dan mencari penyedia layanan lokal seperti milik Anda, yang berarti Anda harus benar-benar tampil di peta jika ingin mendapatkan perhatian mereka.

Dengan kata lain, halaman Google Bisnisku akan sangat menentukan apakah Anda akan muncul dalam pencarian lokal atau tidak. Jika Anda tidak memiliki profil yang menempatkan Anda di peringkat teratas, Anda tidak akan terlihat oleh semua pelanggan potensial yang mencari produk Anda.

Jadi, bagaimana cara membuat profil Anda bersaing dengan yang terbaik? Baca terus dan temukan langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk mengubah profil GMB Anda menjadi magnet utama.

Daftar Periksa Pengoptimalan GMB Anda

Pastikan NAP yang konsisten dan akurat

Pilih kategori bisnis yang tepat

Gunakan kata kunci target dalam deskripsi Anda

Unggah foto ke profil GMB Anda

Posting secara teratur

Buat aliran ulasan pelanggan

Jawab semua pertanyaan & ulasan dengan segera

Aktifkan Pesan untuk profil GMB Anda

Gunakan Google Analytics dengan GMB

Memata-matai Pesaing Lokal Anda

Kedengarannya agak dramatis, dan kami tidak menyarankan Anda menyewa beberapa tipe James Bond untuk melakukan pembobolan dan mencuri file atau apa pun!

Namun, kami merekomendasikan untuk melihat apa yang dilakukan pesaing Anda di profil Google Bisnisku. Perusahaan yang berada di peringkat 3 teratas jelas melakukan sesuatu yang benar, dan ada baiknya Anda melihat lebih dekat untuk mengetahui bahan apa yang membentuk formula kemenangan mereka.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi area target Anda, yaitu kota atau kabupaten tempat perusahaan Anda berbasis atau berencana untuk berekspansi. Kemudian tinjau ‘paket peta’.

Contoh hasil pencarian Google Maps untuk Pabrik Mesin di Jakarta

Jadi mengapa ketiga perusahaan tersebut berada di posisi teratas? Anda harus melihat profil mereka untuk melihat postingan, ulasan, dan bagian Tanya Jawab dan mencari tahu apa yang mereka lakukan yang berbeda dari profil Anda.

Optimalkan Profil GMB Anda untuk Mendapatkan Prospek
Memastikan NAP yang Konsisten dan Akurat

NAP adalah singkatan dari Nama, Alamat, dan Nomor Telepon. Google menyukai bisnis yang konsisten dengan NAP mereka, jadi ingatlah untuk menandai huruf I dan menyilangkan huruf T saat Anda memasukkan informasi Anda karena kesalahan benar-benar dapat merusak peringkat Anda.

Bahkan jika Google membiarkan kesalahan kecil ini, calon klien tidak akan membiarkannya. Apakah Anda akan mempercayai bisnis yang tidak bisa mengeja namanya sendiri atau memberikan detail kontak yang benar?

Banyak perusahaan yang memiliki lebih dari satu cabang atau kantor, dan sangat penting untuk diingat untuk mencantumkan NAP yang unik untuk setiap lokasi yang Anda miliki.

Pilih Kategori Bisnis yang Tepat

Setelah memasukkan NAP dengan benar, Anda perlu memberitahukan kepada publik tentang layanan dan produk yang Anda tawarkan, jadi pastikan perusahaan Anda terdaftar di kategori yang benar di Google.

Ingatlah bahwa orang menentukan pencarian mereka alih-alih menelusuri hasil untuk “bisnis lokal” atau hal lain yang sangat umum. Mereka tahu apa yang mereka cari sejak awal. Anda perlu memastikan bahwa perusahaan Anda muncul dalam pencarian yang relevan, itulah sebabnya memilih kata kunci yang tepat sangat penting.

Anda bisa memilih tidak lebih dari 10 kata kunci untuk membantu mendefinisikan layanan Anda, jadi sebaiknya pikirkan dengan cermat kata-kata mana yang akan menarik perhatian calon klien.

Gunakan Kata Kunci Target dalam Deskripsi Anda

Saat mendeskripsikan bisnis Anda dan apa yang dilakukannya, Anda harus memikirkan kata kunci target yang relevan atau terkait yang harus Anda gunakan. Jika Anda adalah perusahaan dukungan TI, Anda harus mencoba menaburkan kata-kata dan istilah di seluruh deskripsi Anda yang menurut Anda mungkin juga dicari orang

Ingatlah bahwa Anda juga sedang menyampaikan presentasi, jadi meskipun Anda mencoba memasukkan beberapa kata kunci yang bagus, jangan lupa untuk menjaga agar pesan Anda tetap koheren dan mudah dibaca. Anda masih perlu memberi tahu pelanggan mengapa Anda berbeda dari pesaing Anda dan mengapa mereka harus memilih perusahaan Anda daripada yang lain.

Unggah Foto ke Profil GMB Anda

Profil GMB yang hanya berisi teks akan terlihat agak polos dan membosankan, yang tidak akan membuat orang tertarik. Sebuah restoran, misalnya, akan mendapatkan lebih banyak perhatian dengan foto-foto menu yang menggiurkan daripada hanya menulis panjang lebar tentang hidangan mereka.

Anda juga bisa memposting gambar yang menunjukkan berbagai promosi dan diskon, dan ini selalu merupakan cara yang bagus untuk menarik perhatian audiens target Anda.

Memposting Secara Teratur

Banyak perusahaan yang gulung tikar (atau untungnya, jika mereka adalah pesaing Anda!), dan banyak di antaranya yang meninggalkan profil dan situs web yang sudah tidak aktif. Pelanggan menyadari hal ini dan dapat langsung menyimpulkan bahwa perusahaan telah tutup jika profil GMB-nya tidak aktif selama beberapa hari atau minggu.

Sangat penting bagi Anda untuk memberi tahu calon klien (dan Google) bahwa Anda masih menjalankan bisnis dengan memposting pengumuman, gambar, promosi, atau bahkan sekadar informasi terbaru mengenai kedatangan dan kepergian karyawan di tempat kerja Anda.

Buat Aliran Ulasan Pelanggan

Jika Anda ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian Google lokal, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki pasokan Ulasan Google yang positif.

Umpan balik bintang 5 adalah kunci untuk mendorong profil GMB Anda naik peringkat dan menghasilkan prospek, tetapi Anda tidak perlu menunggu dan berharap salah satu pelanggan Anda akan menulis sesuatu yang bagus. Bersikaplah proaktif – jika Anda memiliki klien yang puas, Anda harus menghubungi mereka dan meminta mereka untuk memberikan ulasan.

Jawab Semua Pertanyaan dan Ulasan dengan Segera

Jika klien berusaha menulis ulasan di profil Anda, pastikan untuk menunjukkan apresiasi Anda dengan merespons dengan cepat. Jika tidak, pelanggan mungkin akan mulai mendapat kesan bahwa memberikan ulasan yang baik kepada Anda adalah tugas tanpa pamrih dan membuang-buang waktu, dan Anda mungkin akan menerima lebih sedikit di masa mendatang.

Anda juga harus menjawab pertanyaan di bagian Tanya Jawab dengan segera. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan pengetahuan dan keahlian Anda, meyakinkan siapa pun yang membaca bahwa perusahaan Anda dan staf Anda tahu apa yang mereka bicarakan.

Berinteraksi dengan pelanggan Anda saat mereka menulis ulasan atau pertanyaan adalah layanan pelanggan yang baik, yang merupakan suatu keharusan bagi bisnis apa pun. Tidak hanya itu, hal ini juga sejalan dengan saran kami untuk memposting secara teratur dan menjaga profil GMB Anda tetap aktif!

Aktifkan Pesan untuk Profil GMB Anda

Profil Anda bukan hanya sarana untuk membuat bisnis Anda diperhatikan atau mendapat peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari. Ini adalah platform untuk berinteraksi dengan audiens Anda. Mengaktifkan fitur ‘Obrolan’ dalam pengaturan pesan memungkinkan pengunjung untuk menghubungi Anda secara langsung.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Anda harus selalu berusaha menanggapi ulasan dan pertanyaan dengan cepat, idealnya dalam waktu 24 jam.

Gunakan Google Analytics dengan GMB

Google Analytics adalah alat yang hebat untuk membantu Anda menghitung angka-angka dalam menilai kinerja profil GMB Anda. Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang menemukan Anda melalui Google Maps.

Membuat akun Google Analytics gratis, dan Anda bisa dengan mudah menautkannya ke profil GMB Anda untuk membantu memberikan gambaran yang lebih jelas tentang seberapa efektifnya dalam menghasilkan prospek.

Menyatukan Semuanya

Kampanye apa pun yang Anda terapkan membutuhkan perencanaan. Tidak cukup hanya dengan memposting pembaruan dalam pendekatan scattergun. Profil GMB Anda adalah alat yang perlu digunakan secara efektif, itulah sebabnya mengapa sebaiknya Anda membuat kalender kampanye untuk membantu Anda menjadwalkan konten baru dan memiliki pendekatan yang lebih terorganisir dan strategis untuk berinteraksi dengan audiens target Anda.

Profil GMB yang Dioptimalkan dalam Tindakan (Studi Kasus)

Fresh Fit adalah toko makanan kesehatan di Oklahoma yang memiliki profil Google Bisnisku namun tidak memiliki sumber daya atau keahlian untuk menggunakannya sebagai penghasil prospek yang efektif. Jadi mereka menghubungi kami di Pronto untuk mencari solusi.

Kami melakukan audit GMB & SEO untuk menemukan area yang dapat ditingkatkan, dan menemukan bahwa profil tersebut kurang dalam hal posting, Q&A, gambar dan ulasan, dan juga tidak memiliki kata kunci yang dapat membantunya muncul secara mencolok dalam hasil pencarian.

Mereka mulai bekerja dengan memperbarui informasi bisnis yang benar di profil, serta menambahkan kutipan dan kata kunci target untuk membantu meningkatkan peringkat Fresh Fit, sebelum akhirnya menyusun kalender konten dengan jadwal penerbitan tiga atau empat kali dalam sebulan.

Hasilnya terbukti, dengan peningkatan lebih dari 2000% dalam kunjungan situs web, 4550% dalam panggilan telepon langsung, dan lebih dari 1800% dalam pertanyaan arahan.

Kesimpulan

Jika bisnis Anda tidak menghasilkan cukup banyak prospek, maka Anda akan kesulitan. Profil Google Bisnisku yang dioptimalkan merupakan kunci untuk meningkatkan visibilitas online Anda, dan memastikan bahwa profil tersebut memiliki konten yang baik serta standar layanan pelanggan dan keterlibatan yang tinggi sangat penting untuk membuat perusahaan Anda menonjol di tengah persaingan.

Ada banyak hal yang harus dilakukan, dan Anda tidak perlu melakukannya sendiri. Pakar manajemen Google Bisnisku dapat membantu memaksimalkan potensi GMB perusahaan Anda dengan tarif terjangkau. Hubungi kami hari ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat menangani profil GMB Anda dan menawarkan solusi untuk kebutuhan pemasaran digital Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://localdigital.co.id/wp-content/uploads/2023/04/logo-bisnis-lokal.png
Connect with us
+62 812 6988 6575

Subscribe to out newsletter today to receive updates on the latest news, releases and special offers. We respect your privacy. Your information is safe.

©2023 LocalDIGITAL.co.id. All rights reserved | Terms of Service | Privacy Policy