Apakah Anda bisnis lokal yang ingin mendapatkan lebih banyak klien baru melalui Google dan meningkatkan reputasi Anda secara online? Tempat yang tepat untuk mendapatkan dua keuntungan sekaligus dengan satu kunci adalah dengan menambahkan ulasan Google ke profil Google Bisnis (secara resmi dikenal sebagai Google Bisnisku).
Banyak bisnis yang tidak menyadari betapa pentingnya ulasan Google bagi kesuksesan mereka secara online.
Menurut penelitian terbaru dari Moz, bisnis dengan peringkat tinggi di ulasan Google lima kali lebih mungkin dianggap memiliki reputasi baik oleh konsumen.
“82% konsumen lebih mempercayai ulasan online daripada rekomendasi pribadi.”
Statistik ini membuktikan bahwa ulasan Google adalah bagian penting dari pemasaran bisnis lokal.
Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam lagi mengapa ulasan Google sangat penting, dan mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk memastikan profil Google Bisnis Anda memiliki ulasan online positif yang cukup untuk membantu meningkatkan peringkat. Mari selami lebih dalam!
Apa itu profil Google Bisnis
Mari kita mulai dari awal dan menjelaskan apa sebenarnya profil Google Bisnis itu.
Profil Google Bisnis adalah rumah bisnis Anda di Google. Di sinilah Anda menampilkan detail bisnis penting seperti waktu buka, hari libur, tanggal pendirian, berita lokal, dan ulasan pelanggan tentang bisnis Anda.
Di mana saya bisa melihat profil Google Bisnis saya
Untuk menemukan bisnis Anda, Anda harus sudah menyiapkan profil. Jika Anda belum menyiapkannya, daftar Anda mungkin masih dibuat oleh orang lain. Jika sudah, pastikan Anda mengeklik tautan “klaim bisnis ini” di profil dan ikuti langkah-langkahnya.
Panel Pengetahuan
Jika profil Anda baru saja dibuat, dan saat ini belum memiliki banyak (atau tidak sama sekali) ulasan online, Anda mungkin belum mendapatkan peringkat, tetapi Anda masih bisa melihat tampilan perusahaan Anda di hasil pencarian dengan mengetikkan nama bisnis diikuti dengan kota tempat bisnis Anda berada.
Profil bisnis Anda akan muncul di sisi kanan halaman, dan area khusus ini disebut panel pengetahuan.
Anda mungkin mengalami kesulitan untuk muncul di sini jika ada beberapa bisnis dengan nama yang sama. Dalam hal ini, salah satu hal terbaik yang harus dilakukan adalah memastikan Anda menambahkan informasi sebanyak mungkin ke profil Anda.
Paket Peta
Bisnis Anda juga dapat muncul di paket peta – area ini berada di atas hasil pencarian. Muncul di sini bisa jadi lebih sulit tergantung pada persaingan di daerah Anda, jadi mendapatkan ulasan Google yang lebih positif daripada pesaing Anda sangat penting untuk mendapatkan peringkat di 3 teratas.
Google Maps
Tempat terakhir yang bisa Anda lihat untuk melihat profil Google Bisnis Anda adalah Google Maps. Mirip dengan paket peta, daftar ini diurutkan berdasarkan relevansi dan kedekatan dengan pencari, dan ulasan Google berperan besar dalam menentukan peringkat bisnis Anda.
Penting untuk diperhatikan bahwa jika bisnis Anda tidak memiliki alamat publik, Anda akan lebih sulit muncul di bagian atas.
Apa dan di mana ulasan di profil Google Bisnis
Ulasan di profil Google Bisnis adalah ulasan dari pelanggan tentang produk, bisnis, atau layanan Anda. Hanya satu ulasan Google yang dapat ditinggalkan per pelanggan.
Anda dapat menemukan ulasan di mana pun profil Anda ditampilkan, termasuk di Google Maps dan paket peta. Namun, ulasan individu hanya akan muncul di panel pengetahuan jika Anda memiliki setidaknya lima ulasan. Jadi, usahakan agar jumlah tersebut merupakan jumlah minimum mutlak.
Berapa banyak ulasan yang saya butuhkan
Hal ini sepenuhnya tergantung pada industri Anda. Misalnya, restoran cenderung memiliki lebih banyak ulasan daripada kantor pos lokal karena pengalaman mengunjungi restoran lebih menyenangkan daripada mengirim paket kepada seseorang.
Karena ulasan individu hanya muncul di panel pengetahuan jika Anda memiliki setidaknya lima ulasan, maka itu adalah target minimum Anda, tetapi Anda harus mencoba untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan. Sangat dianjurkan untuk memeriksa berapa banyak ulasan Google yang dimiliki pesaing Anda.
Untuk melakukan ini, ketik frasa yang menurut Anda biasanya digunakan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda (misalnya, “tukang ledeng di Charlotte NC”), dan perhatikan berapa banyak ulasan yang dimiliki setiap bisnis di peta kembali. Anda harus mengalahkan ketiganya!
Mengapa ulasan Google penting dan apa manfaatnya
Ulasan Google sering diabaikan oleh bisnis, namun ulasan ini memiliki dampak yang sangat besar, tidak hanya untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di Google, namun juga tentang bagaimana pelanggan memandang bisnis Anda. Anda mungkin memiliki produk, layanan, atau situs web terbaik, tetapi jika pesaing Anda memiliki banyak ulasan yang bagus (dan Anda tidak punya), Anda bisa kehilangan pelanggan dari mereka.
- Pelanggan mencari ulasan (terutama di Google)
Sebelum membeli layanan atau bekerja sama dengan bisnis, calon pelanggan melakukan riset untuk memeriksa reputasi online bisnis. Dalam survei BrightLocal tahun 2022, mereka menemukan bahwa 34% selalu memeriksa ulasan online bisnis lokal, dan 43% secara teratur memeriksanya. Hanya 2% pelanggan yang tidak pernah memeriksa ulasan perusahaan.
- Peringkat lokal yang lebih tinggi
Ulasan memiliki dampak besar pada peringkat dan SEO lokal. Pada tahun 2021, Whitespark merilis Survei Peringkat Pencarian Lokal mereka di mana pemasar berpikir bahwa ulasan adalah faktor peringkat terpenting kedua saat mencoba tampil di paket 3, berkontribusi hingga 17% dari dampaknya.
- Bukti sosial
Dalam survei tahun 2021, BrightLocal menemukan bahwa 54% pelanggan akan menggunakan bisnis lokal dengan minimal 4 bintang. Wajar jika Anda mendapatkan ulasan negatif, tetapi jika Anda memiliki peringkat bintang di bawah 4 bintang, cobalah menjangkau pelanggan yang senang untuk meningkatkan peringkat ini atau Anda akan kehilangan 54% pelanggan potensial.
- Lebih banyak klik ke situs web Anda, dan panggilan telepon
Jika pelanggan tidak puas dengan peringkat bintang 3, mereka akan berhenti di situ dan beralih ke perusahaan berikutnya.
Demikian pula, jika sebuah daftar tidak memiliki banyak ulasan (atau nol!), calon pelanggan tidak akan memiliki kepercayaan yang cukup pada perusahaan untuk mengeklik tautan situs web atau menelepon bisnis Anda.
- Pencarian tanpa klik
Apa yang semakin umum di Google Penelusuran adalah sesuatu yang disebut “penelusuran tanpa klik”. Google mencoba memberikan jawaban secara langsung di dalam Google sehingga Anda tidak perlu meninggalkan halaman.
Ini berarti bahwa beberapa pelanggan bahkan mungkin tidak mengunjungi situs web sebelum mereka memutuskan untuk mengirim pesan, menelepon, atau mengunjungi lokasi. Jadi, jika Anda merasa sudah memiliki cukup banyak testimoni di situs web Anda untuk meyakinkan seseorang untuk berbisnis dengan Anda, pikirkan lagi! Beberapa calon pelanggan hanya melihat ulasan di Google sebelum mereka menghubungi bisnis.
Yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada ulasan Google
Ulasan Google harus dibuat sealami mungkin, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diingat saat menjangkau dan mengelola ulasan online Anda.
Semua bintang 5 bukanlah tujuan dan bisa mencurigakan
Tidak ada bisnis yang sempurna, jadi jika Anda memiliki semua ulasan bintang 5, pelanggan mungkin akan curiga karena hal ini tidak terlihat alami. Google juga melakukan yang terbaik untuk memeriksa kualitas ulasan, seperti yang dilakukan oleh calon pelanggan, jadi semua bintang 5 bisa mencurigakan bagi Google jika sinyal lain juga menunjukkan sesuatu yang tidak wajar terjadi.
Jika Anda mendapatkan ulasan Google yang negatif, jangan khawatir. Hal ini normal dan calon pelanggan memahami dan mengharapkan hal ini. Cobalah untuk menyeimbangkannya dengan menjangkau pelanggan yang senang untuk mendapatkan total ulasan di atas 4. Titik manis yang memberikan keyakinan dan kepercayaan adalah total skor bintang 4,5.
Jangan bertanya kepada karyawan
Ulasan bukan untuk karyawan mengulas tempat kerja mereka. Ini mungkin terlihat jelas, tetapi beberapa perusahaan tidak tahu bagaimana cara menjangkau pelanggan mereka, jadi mintalah karyawan mereka untuk memberikan ulasan. Mereka kemudian menulis sesuatu seperti “Tempat yang bagus untuk bekerja”. Ini bukanlah hal yang ingin dilihat oleh pelanggan dan tidak akan banyak membantu mereka untuk memilih bisnis Anda daripada bisnis lain yang memiliki ulasan pelanggan asli.
Hal ini juga umum terjadi pada beberapa bisnis yang meminta karyawannya untuk berpura-pura menjadi pelanggan dan memberikan ulasan bintang 5. Karena ulasan bagus untuk SEO lokal dan merupakan faktor peringkat Google yang sangat penting, Google melakukan kontrol kualitas dengan serius. Jika ada beberapa ulasan yang menurut Google palsu, daftar Anda bisa dihapus.
Bersikaplah proaktif
Jangan menunggu ulasan muncul. Tergantung pada industri Anda, ulasan tersebut mungkin tidak datang dengan cepat. Sering kali pelanggan membutuhkan dorongan lembut untuk meninggalkan ulasan.
Saya akan memberikan contoh pribadi.
Saya baru saja mengambil mobil saya dari sebuah perusahaan penyewaan dan parkir jangka panjang. Setelah saya tiba di rumah, saya menerima pesan dari mereka yang mengatakan bahwa mereka berharap saya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, dan jika saya dapat memberikan ulasan di Google. Coba tebak… Saya melakukannya! Apakah saya akan melakukannya jika mereka tidak memintanya? Mungkin tidak dalam kasus ini.
Jadi, jika pelanggan senang dengan layanan yang Anda berikan, jangan takut untuk menanyakannya. Tanyakan kepada mereka bagaimana pengalaman mereka dan apakah mereka tidak keberatan untuk memberikan ulasan, dan tambahkan tautan dalam pesan ke daftar Anda.
Jangan terburu-buru dalam satu waktu
Membangun ulasan secara alami tidak akan terjadi dalam semalam, jadi jangan mencoba untuk memburu ulasan dalam satu minggu lalu berhenti selama berbulan-bulan. Jika ulasan terjadi sekaligus, dan tidak ada ulasan selama setengah tahun kemudian, Google akan menganggap ulasan tersebut tidak asli. Jadi, hubungi pelanggan dan mintalah ulasan, tetapi tetaplah konsisten. Jadikan ini sebagai bagian dari proses sehingga pelanggan dihubungi secara teratur.
Membalas ulasan (bahkan ulasan yang buruk)
Calon pelanggan senang melihat bisnis yang terlibat dengan pelanggan mereka. Jadi, ketika Anda mulai mendapatkan ulasan pada daftar Anda, cobalah untuk membalas setiap ulasan. Tidak harus berupa balasan yang panjang. Anda bisa berterima kasih kepada mereka karena telah memilih Anda dan meninggalkan ulasan.
Anda juga harus membalas ulasan negatif. Ketika Anda mendapatkan ulasan negatif, bersikaplah sopan dan cobalah untuk mengalihkan masalah ke tempat lain sesegera mungkin. Mintalah pelanggan untuk menghubungi Anda melalui email agar masalahnya diperbaiki. Hal ini akan melunakkan ulasan negatif bagi calon pelanggan lain karena mereka melihat Anda menanggapi pengalaman pelanggan dengan serius.
Bagaimana cara mendapatkan lebih banyak ulasan
OKE! Sekarang Anda sudah tahu mengapa ulasan Google sangat penting, tetapi Anda mungkin bingung harus memulai dari mana. Tidak ada satu cara yang tepat, dan hal ini dapat bergantung pada industri Anda dan cara Anda berinteraksi dengan pelanggan. Di bawah ini adalah beberapa ide untuk membantu Anda memulai.
Kirimkan pesan kepada pelanggan yang senang
Segera setelah interaksi positif dengan pelanggan, atau tepat setelah Anda melakukan bisnis dengan mereka, hubungi mereka, tanyakan bagaimana pengalaman mereka dan apakah mereka tidak keberatan untuk memberikan ulasan di daftar Google Anda.
Cobalah untuk mengirimkan pesan di dekat waktu interaksi untuk memaksimalkan peluang Anda mendapatkan ulasan. Ini bisa jadi segera setelah mereka membeli produk atau interaksi positif selama layanan yang sedang berlangsung.
Berikut ini adalah templat untuk membantu Anda memulai.
Hai, [NAMA PELANGGAN]
Kami harap Anda puas dengan [PRODUK/LAYANAN LAMA] kami, dan jika ada yang bisa kami bantu atau jika Anda memiliki pertanyaan, silakan beri tahu kami.
Jika Anda memiliki waktu luang, kami akan sangat menghargai jika Anda mengunjungi halaman Ulasan Google kami dan memberikan umpan balik tentang kinerja kami.
(Cantumkan Link Google Anda)
Terima kasih atas waktu Anda, dan jika Anda memerlukan hal lain, hubungi kami di [MASUKKAN NOMOR].
Tim [NAMA BISNIS]
Tambahkan widget ulasan ke situs web Anda
Setelah Anda memiliki beberapa ulasan positif, tambahkan widget ulasan ke situs web Anda untuk memamerkannya. Hal ini tidak hanya memberikan bukti sosial untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan, tetapi juga menunjukkan kepada pelanggan saat ini ke mana mereka dapat memberikan ulasan.
Apa lagi yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan profil Google Bisnis saya
Meskipun mendapatkan ulasan positif yang cukup di profil Google Bisnis Anda adalah hal yang penting, namun masih banyak hal lain yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan platform ini secara maksimal. Kami telah membahas lebih dalam tentang pemasaran Google Maps di sini, namun baca terus untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang harus Anda lakukan.
Kategori bisnis yang tepat
Selain ulasan, memilih kategori yang tepat sangat penting untuk daftar Google. Anda bisa memilih hingga 10 kategori, tapi dalam hal ini, lebih sedikit lebih baik!
Semakin banyak kategori yang Anda tambahkan, semakin berkurang kekuatannya. Kuncinya adalah memilih kategori yang paling sedikit yang menggambarkan bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda adalah sebuah restoran pizza dan hanya menyajikan pizza, Anda tidak perlu menambahkan “restoran” pada kategori Anda. Lebih baik memilih kategori seperti “restoran pizza”, “pengiriman pizza”, dan “pizza dibawa pulang”.
Postingan
Postingan di Profil Bisnis Google tidak berdampak langsung pada peringkat lokal, namun merupakan cara penting untuk menunjukkan bahwa bisnis Anda aktif dan berinteraksi dengan pelanggan. Sering memposting dapat memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, layanan yang Anda tawarkan, dan memberi tahu mereka bahwa Anda adalah perusahaan aktif yang siap berbisnis.
Pertanyaan dan jawaban
Pertanyaan dan jawaban adalah fitur bagi pelanggan untuk mengajukan pertanyaan yang dapat dijawab oleh pemilik bisnis atau pelanggan lain.
Bisnis juga dapat menambahkan pertanyaan dan jawaban pelanggan mereka sendiri, jadi tidak perlu menunggu pertanyaan ditambahkan. Pikirkan saja pertanyaan paling populer yang sering ditanyakan, lalu tambahkan ke bagian pertanyaan dan jawaban. Hal ini membantu menghilangkan hambatan masuk yang mungkin dimiliki calon pelanggan sebelum mereka menghubungi Anda atau melakukan pembelian.
Misalnya, “Apakah Anda menawarkan jaminan uang kembali?” atau “Apakah ada tempat parkir?”.
Kutipan
Kutipan adalah detail perusahaan yang terdaftar di direktori bisnis. Menambahkan detail Anda di situs web ini tidak hanya akan menempatkan perusahaan Anda di depan calon pelanggan yang mencari di direktori, tetapi juga merupakan sinyal bagi Google bahwa Anda adalah perusahaan yang mapan.
Saat menambahkan detail bisnis Anda ke direktori, pastikan informasi yang Anda tambahkan konsisten. Bisnis terkadang keliru menggunakan sedikit variasi nama atau alamat perusahaan pada direktori yang berbeda. Jadi, pastikan Anda menambahkan detail yang sama setiap saat.
Kesimpulan
Jika Anda adalah bisnis lokal, ulasan Google bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Ulasan tidak hanya berdampak besar pada peringkat, tetapi juga meningkatkan reputasi online Anda, yang sangat mempengaruhi apakah pelanggan ingin berbisnis dengan Anda atau tidak. Tergantung pada industri Anda, pelanggan cenderung meneliti beberapa perusahaan, dan mereka lebih cenderung memilih perusahaan yang memiliki 48 ulasan Google positif daripada perusahaan yang hanya memiliki satu ulasan.
Coba pikirkan proses sederhana untuk menjangkau pelanggan Anda secara teratur untuk memberikan dorongan lembut kepada mereka tentang ulasan Google Anda, atau platform mana pun yang penting bagi bisnis Anda. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal ini akan sangat bermanfaat dalam bentuk lebih banyak penjualan dan pendaftaran.
Jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengoptimalkan daftar Google Anda, atau tidak memiliki waktu untuk mengelola akun profil Google Bisnis Anda, hubungi kami hari ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan Google Bisnisku. Pelanggan yang telah mendaftar untuk layanan ini telah melihat hasil yang fantastis.