Panduan Lengkap Melakukan Search Engine Optimization (SEO)

Home / News / Panduan Lengkap Melakukan Search Engine Optimization (SEO)
3Julpanduan lengkap melakukan seo

Search engine optimization adalah teknik yang biasa dicari oleh mereka yang memiliki website dan ingin meningkatkan traffic. Website atau halaman biasa dibuat untuk mendapatkan pengunjung dari para pengguna internet.

Di dalam website apapun bisa diunggah atau dipublikasikan, seperti misalnya konten artikel, konten gambar, produk, dan lain sebagainya. Manfaat dari website pun bervariasi ada yang digunakan untuk berbisnis, portofolio,  juga ada yang menggunakannya untuk kebutuhan pribadi. 

Apa yang akan dibahas kali ini adalah cara melakukan search engine optimization. Tujuan dari dilakukannya teknik ini jelas untuk meningkatkan traffic. Untuk Anda yang belum terlalu paham, maksud dari  teknik ini adalah sebuah optimisasi yang akan dilakukan pada mesin pencarian. Optimisasi ini dilakukan dengan serangkaian cara yang akan dibahas berikut.

Prinsip dilakukannya teknik ini adalah untuk mengoptimasi website supaya mendapat halaman teratas ketika dicari di mesin pencarian. Sudah Demikian maka pengguna internet akan dengan mudah menemukan website atau halaman tersebut. 

Pengaturan Awal Situs Web

Langkah paling awal untuk melakukan teknik search engine optimization adalah dengan melakukan pengaturan awal. Situs website harus diberikan berbagai pengaturan terlebih dahulu supaya mendukung cara-cara yang berikutnya. Dalam langkah ini pula Anda akan diberitahu cara mengetahui apakah situs website sudah bersifat on-site SEO atau belum. 

Sejauh apapun cara yang dilakukan atau profesional apapun teknik yang dilakukan rasanya akan percuma apabila pengaturan awal belum benar. Juga akan menjadi prosedur yang percuma apabila website yang ingin dioptimasi belum on-site SEO. Maksud on-site SEO adalah sebuah halaman atau website yang sudah siap diberikan teknik-teknik search engine optimization

1.     Pengaturan Awal

Pengaturan awal pada teknik search engine optimization Berupa sebuah pengaturan teknis yang membuat halaman atau website siap untuk di optimisasi. Mereka yang tidak terlalu paham tentang website atau tidak memiliki banyak waktu biasa meminta bantuan webmaster atau web designer. Namun untuk Anda yang ingin mengusahakan sendiri pun juga sebenarnya bisa-bisa saja melakukannya.  Langkah Awal Melakukan Search Engine Optimization

Nantinya Anda akan melakukan riset kecil supaya website atau halaman sudah benar-benar on-site SEO. Pengaturan awal yang pertama terkait tentang page titles di setiap laman. Pengaturan page titles ini juga diikuti dengan pengaturan meta tag dan meta keyword.

Anda harus memastikan di konten artikel nanti hanya ada satu heading (H1) saja untuk setiap laman dan postingan. H1 ini digunakan untuk judul dari postingan atau laman. Setelah H1 akan ada H2, H2 ini bisa digunakan sebanyak-banyaknya. Bagian yang harus benar-benar dipastikan adalah H1, yaitu untuk memastikan jumlahnya hanya satu saja.

Alasan mengapa demikian adalah karena apabila sebuah postingan memiliki dua atau lebih H1 maka postingan tersebut akan dianggap sebagai spam oleh mesin pencarian. Jika suatu postingan sudah dianggap sebagai spam, maka keseluruhan website belum bersifat on-site SEO. 

Di dalam website juga harus memiliki halaman privacy policy dan kontak. Keduanya bisa mencerminkan sebuah website yang bersifat on-site SEO. Selanjutnya akan dibahas lebih lengkap tentang kedua laman ini. Dalam optimasi SEO hanya ada dua kategori utama, yaitu on-site dan off-site. 

On-site SEO adalah optimasi yang dilakukan dari dalam website itu sendiri. Sedangkan off-site SEO adalah kebalikannya, yaitu optimasi yang dilakukan dari luar website. Keseluruhan bahasa di artikel ini adalah tentang on-site SEO. Bagaimana cara melakukan off-site SEO akan dibahas di artikel yang akan datang.

2.     Cara Mengoptimasi On Site SEO: Laman Kontak & Privacy Policy

Mesin pencarian seperti Google lebih menyukai website atau halaman yang memiliki laman kontak dan privacy policy. Salah satu pengaplikasian teknik search engine optimization adalah dengan diberikannya laman kontak dan privacy policy. 

Alasan mengapa mesin pencarian lebih menyukai website yang memiliki dua halaman ini adalah karena website tersebut dinilai lebih kredibel. Terlebih untuk informasi-informasi yang diberikan dalam website tersebut. Laman privacy policy sendiri bisa diwujudkan dalam bentuk Terms of Service atau Disclosure. 

3.     Cara Mengoptimasi On Site SEO: Struktur Situs Web

Cara yang satu ini sangat berkaitan dengan cara yang selanjutnya, maka dari itu perhatikan baik-baik. Adapun cara yang selanjutnya adalah memberikan tautan pada halaman website. Supaya tautan yang diberikan benar-benar bekerja untuk teknik search engine optimization, maka langkah ini harus dilakukan dengan benar. Langkah ini adalah dengan memperhatikan struktur situs website. 

Dengan memperhatikan struktur situs website, Anda akan lebih bisa menautkan antara satu laman dengan laman lainnya dengan lebih baik atau pas. Kali ini Anda akan mempelajari silo structure yang populer untuk tujuan mengoptimasi website. 

Pada silo structure, di urutan pertama adalah Homepage. Baru kemudian dilanjut dengan beberapa kategori, brand, dan konten artikel. Silo diberikan pada sub struktur artikel. Sedangkan sub menu bisa diberikan pada menu Kategori. 

4.     Membuat Tautan

Setelah memahami struktur situs website yang benar, maka barulah Anda bisa memberikan tautan dengan benar. Pastinya Anda sudah paham bukan untuk menautkan halaman satu dengan lainnya akan digunakan link? Menautkan antara halaman satu dengan lainnya sangat bisa meningkatkan traffic di website tersebut. Oleh karena itu, memberi tautan adalah salah satu pengaplikasian teknik search engine optimization

Kata-kata yang bisa kita wujudkan menuju halaman lain adalah kata kunci pada artikel tersebut. Ini adalah pilihan yang paling disarankan, Anda tetap bisa memilih cara lain. Ada juga bisa memberikan link tautan ke halaman lain dengan kata-kata seperti; Klik Disini, Baca Selengkapnya Di, dan lainnya. Cara lain adalah dengan menambahkan fitur Read More. 

Optimasi Kata Kunci Baru

Tentu saja langkah kali ini berhubungan dengan langkah yang sebelumnya. Pada langkah yang sebelumnya, untuk menautkan halaman satu dengan lainnya menggunakan kata kunci. Kali ini ada sebuah cara untuk mengoptimasi kata kunci baru. 

·        Membuat Kata Kunci 

Untuk membuat kata kunci Anda bisa menggunakan tools dari Google. Tools tersebut bernama Google Webmaster Tools,  juga bisa menggunakan Search Console untuk mengecek kata kunci yang diberikan atau yang Anda buat sendiri.

Setelah didapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa menambahkan satu frasa kata kunci ke dalam konten. Masukkan juga kata kunci ini ke meta keyword dan meta tag. 

·        Membuat Title Tag

Title tag atau meta Tag dibuat menjadi kalimat yang terkesan mengajak penggunaan internet untuk membuka halaman. Dalam kalimat ini juga ditambahkan kata kunci yang telah dibuat sebelumnya. Sangat disarankan untuk membuat title tag yang tidak terlalu panjang, sebaiknya maksimal 60 karakter saja.

Usahakan untuk membuat kalimat yang senatural mungkin meskipun tujuannya adalah untuk mengajak pengguna internet mengunjungi halaman tersebut. 

Teknik search engine optimization dilakukan dengan beberapa cara di atas. Anda bisa memulai teknik search engine optimization ini dengan melakukan pengaturan awal, menambahkan tautan dengan cara yang benar, membuat kata kunci, dan diakhiri dengan membuat title tag yang benar. Anda juga dapat meminta penyedia jasa SEO terbaik agar hasilnya lebih maksimal.

Tags:

Leave a Reply

About

Jasa SEO terbaik - meningkatkan bisnis Anda secara online dan menguntungkan.

Follow Us:
Follow Us:

Recent News

December 7th, 2020 08:25 am
December 7th, 2020 08:38 am
December 7th, 2020 08:44 am

Copyright © 2020 All rights reserved. Creative Design by LocalDIGITAL.co.id

Privacy Policy     |      Terms