Pemasaran Menggunakan Google Map: Tips untuk Mengoptimasi Listing Anda

April 23, 2023by admin0

Google Maps bukan hanya untuk mencari tahu cara pergi dari satu tempat ke tempat lain. Google Maps merupakan alat pemasaran yang berharga untuk membuat bisnis Anda muncul di hasil pencarian Google. Jika seseorang di area lokal bisnis Anda mencari sesuatu yang Anda jual atau sediakan, Google Maps berpotensi menampilkan bisnis Anda di urutan pertama hasil pencarian. Pemasaran menggunakan Google Map adalah tools yang sangat powerful untuk meningkatkan bisnis Anda menjadi luar biasa.

Katakanlah Anda menjalankan praktik dokter gigi dan menawarkan layanan seperti pemeriksaan gigi, kedokteran gigi kosmetik, dan penambalan gigi. Seseorang yang berjarak empat mil jauhnya sangat membutuhkan tambalan gigi, namun mereka tidak tahu ke mana harus pergi. Jadi seperti kebanyakan dari kita, mereka beralih ke Google untuk mendapatkan jawabannya. Mereka mencari “dokter gigi di dekat saya” dan praktik Anda muncul pertama kali. Daftar tersebut mencakup nama praktik Anda, peringkat, ulasan, alamat, foto, dan semua hal lain yang dibutuhkan orang tersebut untuk mengambil keputusan. Kemudian pada hari itu, mereka datang ke klinik Anda dengan bantuan Google Maps. Mereka mendapatkan tambalan, dan Anda mendapatkan pasien baru berkat Google Maps.

Namun, hal ini tidak hanya berlaku untuk dokter gigi – atau restoran, klub kebugaran, dan toko ritel. Dari Pabrik hingga firma hukum, semua jenis bisnis dapat memanfaatkan Google Maps untuk mendorong lebih banyak panggilan langsung, kunjungan langsung, dan kunjungan ke situs web.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana semua itu bisa terjadi. Yang penting dalam pemasaran menggunakan Google Maps adalah kedekatan Anda dengan orang yang melakukan penelusuran, ulasan dari pelanggan, dan profil Google Bisnisku yang informatif dan akurat.

Apa yang dimaksud dengan pemasaran Google Maps?

Pemasaran Google Maps adalah tentang memanfaatkan Google Bisnisku dan teknik SEO lokal untuk membantu meningkatkan keberadaan penelusuran lokal Anda untuk layanan atau produk. Pemasaran Google Maps terutama berfokus pada tugas-tugas berikut ini:

  1. Membuat listing di Google Bisnisku
  2. Mengoptimalkan listing Anda
  3. Mendapatkan ulasan atau review positif
  4. Menambahkan foto – link dan tanya jawab
  5. Selalu memperbaharui listing Google Map Anda
Mengapa pemasaran Google Maps sangat penting?

Penelusuran lokal sangat besar! Empat puluh enam persen dari semua penelusuran Google berasal dari konsumen yang mencari informasi lokal, dan 86% konsumen menggunakan internet untuk menemukan bisnis lokal

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah platform bisnis Google untuk mengelola kehadiran bisnis Anda di Google. Profil Anda dapat muncul di Google Maps dan Google Penelusuran. Dasbor Google Bisnisku dilengkapi dengan wawasan berharga untuk melihat performa listing Anda di Google Maps dan Google Penelusuran, serta memungkinkan Anda untuk memposting pembaruan atau membalas umpan balik dari pelanggan.

Memahami paket lokal

Paket lokal mengacu pada bisnis teratas yang muncul dalam penelusuran lokal. Hasil pencarian menampilkan peta, diikuti dengan tiga hasil bisnis teratas. Ini terpisah dari item dan iklan hasil organik biasa, jadi Anda dapat muncul di ketiga posisi tersebut.

Mengapa Google Bisnisku penting?

Jika Anda ingin mendapatkan peringkat yang bagus untuk penelusuran lokal, Anda harus mendaftar ke profil Google Bisnisku. Banyak orang di komunitas SEO percaya bahwa Google Bisnisku adalah faktor terbesar yang berkontribusi untuk muncul di hasil paket lokal. Menurut survei Whitespark ini, faktor terpenting untuk peringkat paket lokal adalah:

Google Bisnisku – 33%
Ulasan – 16%
Optimasi halaman – 15%
Link – 15%
Perilaku – 8%
Kutipan – 7%
Personalisasi – 6%

Seperti Apa Tampilan Bisnis Anda di Penelusuran Google
Tampilan seluler paket lokal

Tampilan penelusuran seluler akan selalu berisi peta listingan lokal untuk area yang dicari (atau penelusuran di sekitar saya) dan tiga hasil teratas dengan tombol untuk melihat semua.

Tampilan bisnis seluler

Tampilan seluler dari daftar bisnis berisi lebih sedikit informasi daripada tampilan desktop. Namun, tetap menyertakan nama perusahaan dan tautan tombol penting, termasuk ikhtisar daftar, pembaruan postingan, ulasan pelanggan, foto, dan ringkasan perusahaan.

Tampilan desktop paket lokal

Seperti tampilan pencarian seluler, tampilan pencarian desktop akan selalu berisi peta daftar lokal untuk area yang dicari (atau pencarian di sekitar saya) dan tiga hasil teratas dengan tombol untuk melihat semua.

Tampilan bisnis desktop

Panel bisnis dari daftar Anda muncul di sisi kanan layar desktop Anda. Panel ini berisi nama perusahaan atau gedung Anda, tautan yang relevan, serta alamat dan deskripsi bisnis Anda.

Panel ini sering kali menampilkan bagian “Tanya Jawab”. Konsumen dapat mengajukan pertanyaan kepada bisnis (atau konsumen lain) tentang perusahaan atau lokasi. Misalnya, layanan apa yang mereka tawarkan atau apakah mereka buka pada hari libur yang akan datang. Karena siapa pun dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, sebaiknya jawablah dengan cepat agar Anda dapat memberikan tanggapan resmi.

Di bawah bagian Tanya Jawab adalah ulasan pelanggan terbaru. Di sini, publik dapat memberikan ulasan atau mengunggah gambar yang terkait dengan bisnis atau lokasi bisnis.

 

Dasbor Google Bisnisku

Dasbor Google Bisnisku adalah pusat kendali tempat pengguna dapat mengelola segala sesuatu untuk profil bisnis mereka di Google. Ada banyak opsi berbeda yang tersedia, jadi kita akan membahas tab-tab inti satu per satu.

Home

Tab Beranda adalah tempat Anda akan menemukan ikhtisar profil bisnis, termasuk:

Ikhtisar kinerja

Foto pelanggan terbaru

Ulasan pelanggan terbaru

Pintasan untuk membuat postingan

Postingan Google Bisnisku

Tab Postingan memungkinkan Anda menyematkan pembaruan atau promosi terbaru ke daftar Anda. Ini seperti memposting di Facebook atau Twitter, tetapi untuk Google Maps dan Google Penelusuran resu

Dengan postingan Google Bisnisku, bisnis dapat mempublikasikan informasi terbaru mengenai merek mereka dan mempromosikan bisnis mereka, sehingga dapat berinteraksi dengan konsumen.

Google saat ini menyediakan 4 jenis postingan yang berbeda:

Catatan: Selama pandemi, Google juga menawarkan jenis postingan khusus yang disebut Pembaruan COVID-19.

Bisnis juga dapat menyertakan ajakan bertindak (CTA) pada postingan mereka untuk memandu konsumen melalui langkah selanjutnya.

Postingan Google Bisnisku juga memiliki fitur yang memungkinkan pemirsa membagikan postingan Anda di media sosial atau platform email.

Keuntungan dari Postingan Google Bisnisku:

  1. Membangun kesadaran akan merk Anda: Postingan Google Bisnisku memungkinkan Anda mempromosikan merk, produk/layanan, acara khusus dan penawaran lainnya secara gratis
  2. Terlibat dengan audiens Anda: Postingan Google Bisnisku juga membantu Anda terhubungan dengan pelanggan. Mereka dapat berinteraksi dengan postingan Anda dan emmbagikannya di media sosial
  3. Meningkatkan panggilan telepon: Semakin banyak konsumen menemukan semua informasi yang mereka butuhkan di Google tanpa perlu mengunjungi situs. Jadi menulis postingan tentang layanan, service,promosi atau produk dapat membantu memberikan insentif yang cukup bagi konsumen untuk menghubungi perusahaan Anda langsung dari Google Bisnisku
Info

Tab info adalah tempat Anda akan menemukan semua informasi perusahaan Anda. Di sinilah Anda bisa memperbarui nama, alamat, kategori bisnis, jam buka, dan informasi lainnya.

Di sini Anda juga dapat membuat “nama pendek” khusus yang dapat Anda bagikan dengan prospek dan pelanggan yang sudah ada.

Wawasan

Tab Wawasan adalah tempat Anda dapat menemukan data trafik yang terkait dengan daftar Anda, yang dibagi menjadi tiga jenis trafik:

  1. Langsung – orang yang menemukan daftar Anda dengan mencari nama bisnis Anda
  2. Penemuan – orang yang menemukan daftar Anda dengan mencari kategori atau layanan atau produk
  3. Bermerek – Pelanggan menemukan listing Anda dengan mencari merek yang terkait dengan bisnis Anda. Ini berarti mereka mungkin tiba di prodil Anda melalui listing pesaing

Halaman Insights juga memberikan Anda informasi berharga tentang di mana listing Anda dilihat (Google Penelusuran atau Google Maps). Tindakan apa pun yang dilakukan konsumen, seperti menelepon, mengunjungi situs web, atau meminta petunjuk arah, juga dapat ditemukan di sini.

Ulasan

Tab Ulasan adalah tempat Anda dapat membalas umpan balik pelanggan. Anda dapat mengurutkan semua ulasan, ulasan yang dibalas, dan ulasan yang belum ditanggapi. Sebaiknya pastikan setiap ulasan ditanggapi (terutama yang negatif).

Pesan

Pada tab Pesan, setelah diaktifkan, Anda dapat membalas pesan kepada konsumen secara langsung dari dasbor. Anda juga dapat menerima dan membalas pesan di ponsel Anda dengan mengunduh dan mengaktifkan fitur tersebut melalui aplikasi Google Bisnisku

Foto

Google mengizinkan bisnis untuk mengunggah berbagai jenis foto, termasuk foto profil, foto sampul, foto tim, dan foto interior atau eksterior bangunan.

Menambahkan visual sangat penting untuk daftar Anda. Menurut Google, bisnis yang menyertakan foto lebih mungkin menerima permintaan petunjuk arah ke lokasi mereka dan lebih banyak klik-tayang ke situs web mereka.

Pedoman foto Google

Pastikan Anda mengikuti pedoman Google saat menambahkan foto untuk menghindari masalah di kemudian hari:

Format: JPG atau PNG
Ukuran: antara 10kb hingga 5Mb
Resolusi yang disarankan: Tinggi 20pxx, lebar 720px
Resolusi minimum: tinggi 250px – lebar 250px
Kualitas: foto harus dalam fokus dan penerangan yang baik, serta tidak ada perubahan yang signifikan atau penggunaan filter yang berlebihan. Dengan kata lain, foto harus merepresentasikan kenyataan.

Foto untuk diunggah

Google merekomendasikan bisnis untuk mengunggah yang berikut ini:
Setidaknya tiga foto eksterior pada waktu yang berbeda sepanjang hari
Setidaknya tiga foto interior untuk menunjukkan kepada pelanggan bagaimana suasana dan tampilan perusahaan di dalamnya
Setidaknya tiga foto produk/layanan yang Anda tawarkan, terutama yang paling populer
Setidaknya satu foto dari setiap area umum Anda
Minimal tiga foto tim eksekutif dan karyawan

Produk

Tab Produk diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah untuk memamerkan produk mereka. Setelah ditambahkan di sini, produk dapat muncul di ponsel dan komputer desktop di Google Penelusuran dan Google Maps.

Layanan

Tab layanan adalah tempat Anda dapat menambahkan layanan tambahan di bawah kategori primer dan sekunder Anda.

Saat Anda mengeklik “Tambahkan layanan,” Google akan secara otomatis merekomendasikan layanan terkait untuk ditambahkan. Jika layanan tidak muncul secara otomatis, Anda dapat menambahkannya secara manual.

Catatan: Layanan yang ditambahkan tidak terlalu berpengaruh pada posisi peringkat Anda, jadi tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencoba menambahkan setiap layanan yang Anda tawarkan.

Situs web

Jika Anda belum memiliki situs web, Google telah menyertakan pembuat situs web sederhana ke dalam dasbor Google Bisnisku. Situs web ini sudah terisi dengan informasi, gambar, dan postingan yang telah Anda tambahkan ke daftar. Ini adalah cara sederhana bagi solopreneur untuk memulai secara online, tetapi untuk benar-benar meningkatkannya, disarankan agar Anda bekerja sama dengan vendor untuk membantu mendesain, membuat, dan memelihara situs web yang dioptimalkan untuk SEO.

Pengguna

Tab pengguna adalah tempat Anda dapat menambah atau menghapus pengguna dan mengubah peran pengguna yang sudah ada. Peran yang tersedia adalah Pemilik, Manajer, dan Manajer Lokasi.

Kutipan dan Pengaruhnya terhadap Hasil Penelusuran
Apa yang dimaksud dengan kutipan?

Kutipan adalah penyebutan informasi bisnis lokal secara online, misalnya nama, alamat, dan nomor telepon. Kutipan dapat mencakup direktori bisnis lokal, situs ulasan, dan bahkan platform media sosial.

Tempat populer untuk menambahkan detail bisnis Anda adalah di agregator data. Ini adalah perusahaan yang mengumpulkan informasi bisnis dan mendistribusikannya ke direktori lain.

Mengapa Kutipan Penting untuk SEO Lokal?

Google selalu mencari cara terbaik untuk memberikan informasi yang dapat diandalkan dan akurat kepada para pencari. Google memastikan kualitas dengan mencari bisnis yang memiliki profil yang solid dan konsisten di seluruh web.

*Menurut statistik kutipan lokal tahun 2020-2021, peringkat bisnis lokal di posisi 10 besar pada halaman hasil pencarian memiliki rata-rata 81 kutipan lokal.

Semakin konsisten dan akurat informasi yang ditemukan Google di berbagai kutipan, maka semakin percaya diri Google untuk menampilkan informasi tersebut di hasil pencarian. Di sisi lain, jika Google melihat detail yang bertentangan tentang bisnis Anda, Google tidak akan tahu apa yang harus dipercaya. Akibatnya, kecil kemungkinan informasi tentang bisnis Anda akan ditampilkan.

Tips Pemasaran Menggunakan Google Maps
  1. Nama bisnis Anda di dunia nyata

Setelah menyiapkan daftar Google Bisnisku, Anda harus terlebih dahulu memilih nama asli untuk bisnis Anda. Anda juga harus menghindari penggunaan jasa atas nama Anda. Ini merupakan peretasan SEO yang populer karena terkadang dapat meningkatkan peringkat Anda, tetapi hal ini melanggar pedoman Google dan dapat membuat Anda dihapus dari daftar.

Jika nama bisnis Anda sudah mengandung kata kunci (seperti pengacara atau dokter gigi), kemungkinan besar Anda akan mengalami peningkatan visibilitas di hasil pencarian.

Namun jika nama bisnis Anda tidak memiliki kata kunci industri tersebut, jangan putus asa. Ada banyak cara lain untuk meningkatkan visibilitas daftar Google Bisnisku tanpa menambahkan kata kunci pada nama bisnis Anda.

  1. Gunakan kata kunci Anda

Anda mungkin pernah mendengar orang membicarakan kata kunci. Kami menyarankan untuk menyertakan kata kunci saat Anda menulis deskripsi di Google Bisnisku. Sebaiknya sertakan kata kunci di mana saja. Saat Anda meminta seseorang memberikan ulasan, saat Anda menulis balasan, saat Anda menulis postingan – ini semua adalah tempat di mana kata kunci harus ada.

Cobalah untuk masuk ke dalam pola pikir pengunjung Anda, atau bahkan lebih baik lagi, seseorang yang tidak tahu apa-apa tentang layanan Anda. Pikirkan apa yang akan mereka ketik di Google untuk menemukan Anda.

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci, cobalah untuk menggunakannya di daftar Anda, di situs web Anda, dan di tempat lain. Ketika pengguna menemukan Anda, mereka akan merasa telah menemukan solusi dari apa yang mereka cari sejak awal.

  1. Pilih kategori yang tepat

Kategori di Google Bisnisku merupakan bagian penting dalam menentukan peringkat, jadi memilih kategori yang tepat sangat penting untuk mendapatkan lalu lintas yang paling banyak (dan tepat) ke listing Anda. Mari kita lihat saran Google untuk hal ini.

“Pilih kategori utama yang menggambarkan bisnis Anda secara keseluruhan, dan buatlah secara spesifik.”

Jadi, buatlah kategori yang spesifik dengan kategori utama Anda. Jika Anda memiliki klinik gigi, gunakan itu sebagai kategori utama Anda daripada “dokter gigi” yang lebih luas.

Jika perusahaan Anda memiliki penawaran layanan terkait lainnya, Anda bisa menambahkannya ke bagian kategori sekunder, tetapi jangan berlebihan. Kami sarankan untuk membatasi kategori sekunder menjadi sekitar tiga, karena semakin banyak Anda menambahkan, semakin berkurang keefektifannya. Seperti yang dikatakan Google:

“Gunakan sesedikit mungkin kategori untuk menggambarkan bisnis inti Anda secara keseluruhan”

 

  1. Informasi dasar Google Bisnisku yang perlu Anda perbaiki

Salah satu langkah penting dalam mengoptimalkan SEO lokal adalah memastikan bahwa nama, alamat, dan nomor telepon Anda konsisten di semua platform (LinkedIn, Facebook, Google Bisnisku, dll).

Jika salah satu atau lebih dari ketiga elemen bisnis Anda berubah seiring waktu, Anda perlu memastikan untuk memperbarui informasi ini di setiap platform di mana nama bisnis Anda muncul.

Seperti yang dinyatakan di poin 3, kategori Google Bisnisku merupakan faktor peringkat lokal yang sangat penting untuk listing Anda di Google Maps. Pilihan kategori yang tepat untuk daftar bisnis Anda akan secara drastis meningkatkan peluang untuk ditemukan oleh pelanggan ideal Anda.

Kategori utama Anda adalah yang paling penting karena memiliki kekuatan peringkat yang lebih besar daripada kategori sekunder. Sebagai aturan dasar, Anda harus memilih kategori utama berdasarkan layanan yang paling menjadi fokus bisnis Anda.

  1. Tautan situs web tidak selalu harus menuju ke beranda Anda

Biasanya, tautan situs web mengarah ke beranda Anda. Namun, jika Anda memiliki beberapa listing dan halaman lokasi khusus untuk masing-masing listing di situs web Anda, ada baiknya Anda menguji coba menautkan langsung ke halaman-halaman spesifik tersebut. Hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih relevan kepada konsumen karena halaman lokasi Anda harus berisi informasi spesifik tentang lokasi tersebut.

  1. Tambahkan foto yang sedang berlangsung ke daftar Google Bisnisku

Bisnis dengan lebih dari 100 foto menerima 520% lebih banyak panggilan daripada rata-rata, menurut survei BrightLocal. Studi ini menunjukkan korelasi yang jelas antara jumlah foto Google Bisnisku dan performa penelusuran.

Namun, perlu diingat bahwa jumlah foto yang dimiliki bisnis di daftar Google Bisnisku sangat bervariasi berdasarkan industri.

. Bangun kredibilitas online melalui Ulasan Google Bisnisku

Ulasan membantu memberikan legitimasi pada bisnis dan membangun kepercayaan pelanggan. Selain itu, ulasan juga merupakan faktor peringkat yang signifikan untuk algoritme Google.

Sebanyak 87% konsumen membaca ulasan online untuk bisnis lokal pada tahun 2020. Tidak hanya itu, hanya 48% yang akan menggunakan bisnis yang memiliki kurang dari 4 bintang. Jadi, jika Anda memiliki kurang dari empat bintang, Anda bisa kehilangan separuh dari pelanggan potensial Anda.

Kami sarankan untuk melihat berapa banyak ulasan yang dimiliki pesaing Anda dan berapa peringkat mereka. Kemudian hubungi pelanggan yang sudah puas untuk mengetahui apakah mereka memiliki waktu untuk memberikan umpan balik pada daftar Google Anda. Anda perlu mencoba dan mengalahkan jumlah ulasan dan peringkat bintang yang dimiliki pesaing Anda.

  1. Posting pembaruan rutin tentang bisnis Anda

Posting secara teratur ke daftar Google Bisnisku agar pelanggan Anda selalu mendapatkan informasi terbaru. Memiliki daftar yang aktif juga akan membantu konsumen melihat bisnis Anda sebagai perusahaan yang aktif, menarik, dan profesional. Ingatlah bahwa postingan hanya akan terlihat di profil Anda selama tujuh hari, jadi sebaiknya Anda memposting konten sekitar seminggu sekali.

  1. Tulis deskripsi Google Bisnisku yang menarik

Deskripsi Google Bisnisku adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk menceritakan tentang bisnis Anda, proposisi nilai unik Anda, dan apa yang menguntungkan bagi pelanggan.

Dalam 750 karakter ini, Anda memiliki ruang yang cukup untuk memberi tahu calon pelanggan, dengan cara yang jujur dan tidak berbau spam, tentang bisnis Anda, layanan dan produk yang Anda tawarkan, serta lokasi di mana produk atau layanan ini dijual.

  1. Pastikan kutipan Anda konsisten

Konsistensi mendorong kepercayaan Google terhadap informasi bisnis Anda, jadi pastikan detail bisnis Anda konsisten di seluruh web. Untuk menemukan kutipan yang sudah ada di internet, coba ketik “nama bisnis” + “kode pos Anda” atau “nomor telepon”. Periksa hasilnya untuk memastikan alamat dan detail lainnya sudah benar. Jika tidak, lakukan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengeditnya.

Kesimpulan

Pelanggan dapat menemukan bisnis Anda secara online dengan berbagai cara. Google Maps dan platform pemasaran Google Bisnisku memberikan kesempatan bagi pemilik bisnis untuk menampilkan yang terbaik. Google Bisnisku membantu meningkatkan SEO lokal, menawarkan platform untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, dan memberikan wawasan waktu nyata untuk lebih memahami peta pembelian pelanggan Anda. Dan yang terbaik dari semuanya – gratis.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menyiapkan akun Google Bisnisku untuk meningkatkan listing Google Maps Anda ke level selanjutnya, kami siap membantu Anda!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://localdigital.co.id/wp-content/uploads/2023/04/logo-bisnis-lokal.png
Connect with us
+62 812 6988 6575

Subscribe to out newsletter today to receive updates on the latest news, releases and special offers. We respect your privacy. Your information is safe.

©2023 LocalDIGITAL.co.id. All rights reserved | Terms of Service | Privacy Policy