Seiring berkembangnya teknologi saat ini, membuat semua pengusaha menggunakan strategi SEO praktis untuk bisa mencapai lebih banyak audience. Hal ini bisa terjadi karena menggunakan fasilitas digital yang memungkinkan semua orang mengetahui produk atau jasa tawaran Anda. Tapi, tidak sedikit pengusaha belum mengetahui bagaimana strategi yang tepat.
Sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui apa itu SEO? Nah, Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah proses optimasi mesin penelusuran. Dengan demikian, halaman situs bisnis Anda dapat muncul pada halaman utama ketika siapapun sedang melakukan aktivitas pencarian google. Bagi para pemula yang belum mengetahui tentang strategi SEO praktis, maka simak sekilas informasi berikut.
2 Jenis Strategi SEO Praktis Untuk Optimasi Situs
Terdapat dua tipe SEO yang bisa Anda gunakan untuk membantu optimalisasi supaya dapat muncul pada google halaman pertama. Semakin tinggi ranking yang Anda capai maka awareness dan traffic akan terus meningkat sehingga tanpa memakan waktu lama dapat mengubah audience menjadi langganan dalam usahamu. Lalu, apa saja kedua jenis strategi SEO praktis tersebut?
· SEO On-Page
Jenis SEO on-page ini memiliki tujuan untuk fokus menaikkan rating supaya lebih tinggi sehingga secara otomatis organic traffic milik situs Andapada mesin pencarian akan terus meningkat. Cara kerjanya cukup simpel, karena tinggal menentukan penggunaan dan penempatan kata kunci yang harus ada dalam judul, pengoptimalan search intent, meta description, kecepatan loading pada halaman situs semakin maksimal, penggunaan alt tags deskriptif, serta penulisan URL singkat.
· SEO Off-Page
Sedangkan SEO off-page lebih fokus pada pengoptimalan semua faktor yang ada pada halaman situs luar sehingga pada mesin pencarian, perangkat situs mengalami peningkatan. Meningkatnya visibilitas pada strategi ini dapat membuat pengunjung menyebutkan brand milik Anda dan menautkan konten pada website.

Pelajari Panduan Strategi SEO Praktis Untuk Pemula
Bagi Anda yang baru mengenal teknik ini, maka dapat mengoptimalkan dengan mengikuti beberapa panduan strategi SEO praktis supaya bisa mengembangkan bisnis secara cepat melalui bantuan fasilitas digital.
1. Lakukan Riset Keyword
Dalam mengembangkan situs, tahap awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan perencanaan. Setelah itu, cari tahu apa sih keyword yang diketik oleh kebanyakan orang ketika menggunakan mesin pencarian? Meriset Keyword Adalah Salah Satu Strategi SEO yang Penting
Caranya cukup mudah, hanya dengan memanfaatkan keywords tool pada Google Adwords dimana pelayanannya tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun Anda bisa melihat googling keyword seperti apa sih yang muncul.
Nah, setelah melakukan riset, pasti Anda sudah mulai memiliki gambaran dalam menentukan keyword. Biasanya, kebanyakan orang akan membuat keyword yang dapat menjadi tanda bahwa banyak orang mencari tahu artikel tentang suatu hal. Tapi, perlu Anda ingat dengan melakukan riset ini bukan berarti Anda bisa meniru ide artikel tersebut.
2. Menggunakan Domain yang Isinya Keyword
Strategi SEO praktis selanjutnya adalah gunakan domain yang didalamnya mengandung keyword. Dengan cara ini, maka Anda akan dimudahkan oleh bantuan mesin pencari (search engine) sehingga bisa mengetahui fokus situs seperti apa yang akan dibuat. Strategi kedua ini sangat wajib dicoba untuk mencapai target Anda dalam membangun konten.
3. Memperhatikan Plugins SEO
Dalam situs terdapat beberapa plugins yang mampu membantu SEO milikmu. Salah satu contohnya adalah plugins WordPress dimana dapat membantu SEO situs yaitu Yoast WP SEO, SEO Friendly Images, serta Google XML Sitemaps. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menaikkan konten supaya banyak orang mengetahuinya.
4. Membuat Konten Berkualitas
Tahap yang tidak kalah pentingnya dalam strategi SEO praktis adalah membuat konten berkualitas. Tujuannya supaya pembaca tertarik dengan isi penuh manfaat sehingga dapat berpengaruh baik kedepannya.
Kemudian, jika sudah mendapatkan banyak audience maka Anda harus terus melakukan update pada situs dengan konten yang original namun menarik bagi pembaca. Pastinya tanpa melupakan kandungan keyword SEO dan mempertahankan kualitas konten.
5. Memanfaatkan Media Sosial
Adanya media sosial saat ini sangat membantu soal promosi sehingga akan banyak orang yang mengetahui produk, jasa atau konten milikmu. Platform tersebut dapat berupa Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi.
Meskipun Anda memiliki konten yang menarik, tapi jika teknik pemasarannya kurang maka tidak akan ada orang tahu. Itulah mengapa membagikan konten menarik pada sosial media menjadi hal utama dalam bidang promosi.
6. Membangun Backlink
Jika sebelumnya Anda hanya mengenal algoritma Google yang selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu, maka dalam SEO tidak ada salahnya untuk menggunakan backlink saja karena bersifat tetap. Tapi, jangan lupa untuk membuat backlink yang berkualitas dengan cara bertahap. Karena, jika terburu-buru biasanya hasil kurang maksimal dan cenderung biasa saja.
7. Perhatikan Penamaan Gambar
Mungkin menurut Anda dengan beberapa hal diatas saja sudah cukup. Tapi, sebenarnya akan lebih baik jika Anda melakukan optimasi pada semua gambar yang diunggah dengan menyisipkan beberapa bagian penting, yaitu ALT, Title tags, serta memberikan nama pada file gambar dengan menyesuaikan keyword SEO yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

8. Cantumkan Link
Strategi terakhir, jangan lupa memasukkan kedua link penting yaitu internal dan external. Internal link merupakan sebuah tautan pada halaman satu ke halaman lain namun berada di situs yang sama. Manfaat dari internal link ini adalah meningkatkan engagement pengguna, memudahkan Google dalam membaca situs, serta menurunkan bounce rate.
Sedangkan external link adalah sebuah tautan dimana Anda bisa mencantumkan pada situs lainnya dan membantu Anda untuk memperkuat isi pada artikel dengan cara memasukkan sumber penulisan. Kualitas dari external link dapat mempengaruhi relevansi dan tingkat kepercayaan pada suatu halaman. Tapi, sebenarnya kedua jenis link tersebut sama-sama dapat membantu situsmu agar bisa berjalan maksimal dan mendapat nilai positif dari pihak Google. Mencantumkan Link Sebagai Salah Satu Strategi SEO Terbaik
Untuk apa mendapatkan nilai bagus dari Google? Tujuannya untuk meningkatkan page rank pada traffic situs milikmu. Dengan begitu, pembaca tidak akan ragu dengan apa isi artikel yang sudah Anda buat. Karena, kepercayaan informasi dari pembaca sangat dibutuhkan oleh para pemula guna meningkatkan semangat membuat konten atau artikel.
Dalam mendapatkan hasil SEO tidak melalui cara yang instan tapi tidak mengeluarkan banyak biaya. Itulah mengapa Anda harus bisa menggunakannya dengan baik sehingga semakin banyak pengguna yang datang pada situs Anda. Perlu diketahui bahwa para pengunjung situs Anda itu karena memang butuh informasi tersebut bukan hanya karena merasa risih dengan adanya iklan.
Itulah beberapa informasi mengenai strategi SEO praktis yang dapat membantu Anda dalam membuat artikel atau konten dalam berbisnis. Tapi tidak cukup sampai disini saja, supaya hasilnya lebih baik maka tidak ada salahnya untuk mempelajari masalh SEO dan strateginya dari berbagai sumber atau bahkan langsung dari ahli SEO. Semoga sedikit informasi diatas dapat membantu dan bermanfaat. Jika Anda kesulitan dalam melakukannya, maka jangan ragu untuk memesan layanan jasa SEO terbaik yang terpercaya.